ctrlnum 5559
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Prambatan Kidul</title><creator>Astuti, Risti </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian Ini Bertujuan (1) Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (2) Menemukan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (3) Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi.&#xD; Hasil Belajar Adalah Hasil Yang Diperoleh Dalam Mempelajari Materi Pelajaran Sebagai Bentuk Tingkat Keterlibatan Siswa Yang Ditandai Dengan Perubahan Perilaku. Model Pembelajaran Make A Match Yaitu Model Pembelajaran Yang Lebih Mengaktifkan Siswanya Dalam Proses Belajar Mengajar, Melatih Siswa Untuk Berani Mengemukakan Pendapat Dan Berpikir Kritis. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Terjadi Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (2) Terjadi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (3) Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Kudus Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ini Dilaksanakan Di SD 1 Prambatan Kidul Dengan Subjek Penelitian 38 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Make A Match. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif.&#xD; Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (67,64%), Dan Siklus II (88,88%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Siswa Pada Siklus I 58,5% (Cukup) Menjadi 76,5% (Baik) Siklus II. Keterampilan Guru Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 68,36% (Baik) Menjadi 87,89% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul.&#xD; Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match Guru Hendaknya Lebih Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Dengan Cara Memotivasi Ketika Proses Pembelajaran Agar Pembelajaran Menjadi Lebih Aktif Dan Menyenangkan.&#xD; </description><date>2016</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/1/COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5559/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Astuti, Risti (2016) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Prambatan Kidul. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5559/</relation><recordID>5559</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Astuti, Risti
title Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Prambatan Kidul
publishDate 2016
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5559/1/COVER.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5559/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5559/
contents Penelitian Ini Bertujuan (1) Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (2) Menemukan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (3) Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi. Hasil Belajar Adalah Hasil Yang Diperoleh Dalam Mempelajari Materi Pelajaran Sebagai Bentuk Tingkat Keterlibatan Siswa Yang Ditandai Dengan Perubahan Perilaku. Model Pembelajaran Make A Match Yaitu Model Pembelajaran Yang Lebih Mengaktifkan Siswanya Dalam Proses Belajar Mengajar, Melatih Siswa Untuk Berani Mengemukakan Pendapat Dan Berpikir Kritis. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Terjadi Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (2) Terjadi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (3) Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Kudus Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ini Dilaksanakan Di SD 1 Prambatan Kidul Dengan Subjek Penelitian 38 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Make A Match. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (67,64%), Dan Siklus II (88,88%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Siswa Pada Siklus I 58,5% (Cukup) Menjadi 76,5% (Baik) Siklus II. Keterampilan Guru Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 68,36% (Baik) Menjadi 87,89% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match Guru Hendaknya Lebih Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Dengan Cara Memotivasi Ketika Proses Pembelajaran Agar Pembelajaran Menjadi Lebih Aktif Dan Menyenangkan.
id IOS3090.5559
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:26Z
last_indexed 2017-04-08T05:26:05Z
recordtype dc
_version_ 1765996261958221824
score 16.845257