ctrlnum 5547
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada &#xD; Kelas Iv Sd 1 Hadipolo&#xD; </title><creator>Husna, Nailul </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pada kelas IV SD 1 Hadipolo.&#xD; Hasil belajar merupakan hasil perubahan perilaku siswa yang terjadi karena proses belajar matematika dalam kurun waktu tertentu. Hasil belajar matematika pada penelitian ini berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Think Talk Write adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa berfikir setelah membaca, berbicara dan menulis. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV SD 1 Hadipolo.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Hadipolo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah Think Talk Write. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.&#xD; Hasil peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus 1 (71,89%) menjadi (85,11%) siklus 2, didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 73,89% (baik) menjadi 86,04% (sangat baik) siklus II dan peningkatan hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I 63,89% (cukup) menjadi 85% (baik) siklus II serta peningkatan keterampilan guru dalam mengajar siklus I 60,5% (cukup) menjadi 90,4% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media blok pecahan dapat meningkatakn hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD 1 Hadipolo.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD 1 Hadipolo. Untuk itu disarankan dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write, guru harus memperjelas perkataan dan ucapan agar mudah dipahami siswa saat memberikan pertanyaan dan diharapkan lebih bisa menarik perhatian siswa&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/8/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5547/10/LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Husna, Nailul (2015) Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Kelas Iv Sd 1 Hadipolo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5547/</relation><recordID>5547</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Husna, Nailul
title Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Kelas Iv Sd 1 Hadipolo
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5547/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/7/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/8/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5547/10/LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5547/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pada kelas IV SD 1 Hadipolo. Hasil belajar merupakan hasil perubahan perilaku siswa yang terjadi karena proses belajar matematika dalam kurun waktu tertentu. Hasil belajar matematika pada penelitian ini berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Think Talk Write adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa berfikir setelah membaca, berbicara dan menulis. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV SD 1 Hadipolo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Hadipolo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah Think Talk Write. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus 1 (71,89%) menjadi (85,11%) siklus 2, didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 73,89% (baik) menjadi 86,04% (sangat baik) siklus II dan peningkatan hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I 63,89% (cukup) menjadi 85% (baik) siklus II serta peningkatan keterampilan guru dalam mengajar siklus I 60,5% (cukup) menjadi 90,4% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media blok pecahan dapat meningkatakn hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD 1 Hadipolo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD 1 Hadipolo. Untuk itu disarankan dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write, guru harus memperjelas perkataan dan ucapan agar mudah dipahami siswa saat memberikan pertanyaan dan diharapkan lebih bisa menarik perhatian siswa
id IOS3090.5547
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:26Z
last_indexed 2017-04-08T05:26:05Z
recordtype dc
_version_ 1765996261899501568
score 16.845257