Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Kedisiplinan Siswa
Main Author: | Setiyo Wati, Rina |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/547/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara ilmiah hubungan antara kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya dengan kedisiplinan siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala kedisiplinan siswa, skala kecerdasan emosi dan skala interksi teman sebaya. Hasil analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi dimana perhitungan menggunakan komputer dengan program SPSS 15,0 for windows. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,670 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01) ini berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya dengan kedisiplinan siswa, dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hasil koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosi dengan kedisiplinan siswa rx1y sebesar 0,669 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01) ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan kedisiplinan siswa, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sedangkan koefisien korelasi antara variabel interaksi teman sebaya dengan kedisiplinan siswa rx2y sebesar 0,490 dengan p sebesar 0,001 (p<0,01) ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dengan kedisiplinan siswa, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel inteligensi dan dukungan orang tua dengan kesiapan sekolah sebesar 44,9 %.