ctrlnum 5390
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika &#xD; Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar &#xD; Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis&#xD; </title><creator>Anggraeni, Rina</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis.&#xD; Hasil Belajar Adalah Kemampuan-Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Setelah Menerima Pengalaman Belajarnya (Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Yang Dimaksud Adalah Model Pembelajaran Secara Berkelompok Yang Terdiri Dari 2-3 Siswa Dimana Model Pembelajaran Tersebut Membebaskan Setiap Siswa Berkreasi Untuk Membuat Peta Pikirannya Sendiri. Hal Ini Tentu Akan Sangat Menarik Bagi Siswa Sehingga Siswa Dapat Lebih Fokus Pada Materi Pelajaran Dan Mudah Untuk Mengingat Materi Yang Diajarkan. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas V Sd 04 Gondangmanis.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V Sd 04 Gondangmanis Setiap Siklusnya Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Matematika. Teknik Pengumpulan Data Berupa Tes, Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi.&#xD; Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Yang Cukup Signifikan. Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 73,33% Dan Siklus 2 Sebesar 86,67%. Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 57,69% Dengan Kualifikasi Cukup Dan Siklus 2 Sebesar 79,17% Dengan Kualifikasi Baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siklus 1 Sebesar 51,39% Dengan Kualifikasi Kurang Dan Siklus 2 Sebesar 80,64% Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Mengalami Peningkatan Pada Siklus 1 Sebesar 80,15% Dengan Kualifikasi Baik Menjadi 94,12% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Baik. Keterampilan Guru Pada Siklus 1 Sebesar 73,57% Dengan Kualifikasi Baik Dan Menjadi 93,21% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis.&#xD; Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V Sd 04 Gondangmanis Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping, Guru Hendaknya Memberikan Latihan Secara Bertahap Dalam Pembuatan Mind Mapping Dan Melakukan Pendampingan Secara Khusus Kepada Siswa Yang Masih Mengalami Kesulitan Dalam Membuat Mind Mapping Dengan Design Yang Unik, Menarik, Dan Kreatif.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5390/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Anggraeni, Rina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5390/</relation><recordID>5390</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Anggraeni, Rina
title Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5390/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5390/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5390/
contents Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Hasil Belajar Adalah Kemampuan-Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Setelah Menerima Pengalaman Belajarnya (Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Yang Dimaksud Adalah Model Pembelajaran Secara Berkelompok Yang Terdiri Dari 2-3 Siswa Dimana Model Pembelajaran Tersebut Membebaskan Setiap Siswa Berkreasi Untuk Membuat Peta Pikirannya Sendiri. Hal Ini Tentu Akan Sangat Menarik Bagi Siswa Sehingga Siswa Dapat Lebih Fokus Pada Materi Pelajaran Dan Mudah Untuk Mengingat Materi Yang Diajarkan. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V Sd 04 Gondangmanis Setiap Siklusnya Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Matematika. Teknik Pengumpulan Data Berupa Tes, Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Yang Cukup Signifikan. Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 73,33% Dan Siklus 2 Sebesar 86,67%. Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 57,69% Dengan Kualifikasi Cukup Dan Siklus 2 Sebesar 79,17% Dengan Kualifikasi Baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siklus 1 Sebesar 51,39% Dengan Kualifikasi Kurang Dan Siklus 2 Sebesar 80,64% Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Mengalami Peningkatan Pada Siklus 1 Sebesar 80,15% Dengan Kualifikasi Baik Menjadi 94,12% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Baik. Keterampilan Guru Pada Siklus 1 Sebesar 73,57% Dengan Kualifikasi Baik Dan Menjadi 93,21% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V Sd 04 Gondangmanis Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping, Guru Hendaknya Memberikan Latihan Secara Bertahap Dalam Pembuatan Mind Mapping Dan Melakukan Pendampingan Secara Khusus Kepada Siswa Yang Masih Mengalami Kesulitan Dalam Membuat Mind Mapping Dengan Design Yang Unik, Menarik, Dan Kreatif.
id IOS3090.5390
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:23Z
last_indexed 2017-04-08T05:26:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996260878188544
score 16.845257