Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanmendeskripsikanketerampilan Guru Danpeningkatanhasilbelajaripsdenganpenerapanmodel Mind Mappingpadamateripermasalahansosialkelas IV SD 6 Getassrabi. Hasilbelajarhasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Siswa Setelah Mengalami Ativitas Belajar Yang Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor.Model Mind Mappingmerupakan Model Yang Menekankanpadaketerlibatansiswauntukmemahamimateri, Menemukan Kata Kunci, Kemudiandiringkasmenjadimind Mapmenarik Yang Dapatmengasahpengetahuandankreativitassiswa. Penelitiantindakankelasdilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Getassrabidengansubjekpenelitian Guru Dan30siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Danrefleksi.Variabelbebasadalah Model Mind Mapping.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajarips.Teknikpengumpulandata Dalampenelitianiniterdiridariwawancara, Observasi, Tes, Dandokumentasi.Instrumendalampenelitianiniyaitupedomanobservasi, Soalteshasilbelajarsiswa, Danpedomanwawancara. Teknikanalisis Datadalampenelitianiniadalahteknikanalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianterjadipeningkatanketerampilan Guru Mengelolapembelajarandenganpenerapan Model Mind Mappingpadasiklus I Kesiklusii, Daripersentase65,95% (Baik) Menjadi 83,19% (Sangatbaik). Hasilbelajar IPS Siswajugamengalamipeningkatan.Diperolehketuntasanhasilbelajarpengetahuansiswapadasiklusi Kesiklus II Daripersentase 68,33% (Cukup) Menjadi75.33% (Baik). Hasilbelajarsikapsiswasiklus I Kesiklus II Daripersentase64% (Cukup) Menjadi 76% (Baik). Hasilbelajarketerampilansiswajugameningkatdarisiklus I Kesiklus II Denganpersentase 63% (Cukup) Menjadi75,30% (Baik). Simpulanpenelitianinibahwa Model Mind Mappingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajaripsmateripermasalahansosialpadasiswakelas IV SD 6 Getassrabi. Untukitudisarankandalammenerapkanmodel Mind Mappinglebihmemperhatikanwaktudanmemahamilangkah-Langkahnyasehingga Proses Pembelajaran Yang Dilaksanakanlebihmaksimaldansiswalebihaktifterlibatdalampembelajaran.