PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS
Main Author: | MUSFIROH, - |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/5377/1/halaman_depan.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/2/bab_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/3/bab_2.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/4/bab_3.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/5/bab_4.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/6/bab_6.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/7/bab_6..pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/8/daftar_pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/5377/9/lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/5377/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanmendeskripsikanketerampilan Guru Danpeningkatanhasilbelajaripsdenganpenerapanmodel Mind Mappingpadamateripermasalahansosialkelas IV SD 6 Getassrabi. Hasilbelajarhasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Siswa Setelah Mengalami Ativitas Belajar Yang Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor.Model Mind Mappingmerupakan Model Yang Menekankanpadaketerlibatansiswauntukmemahamimateri, Menemukan Kata Kunci, Kemudiandiringkasmenjadimind Mapmenarik Yang Dapatmengasahpengetahuandankreativitassiswa. Penelitiantindakankelasdilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Getassrabidengansubjekpenelitian Guru Dan30siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Danrefleksi.Variabelbebasadalah Model Mind Mapping.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajarips.Teknikpengumpulandata Dalampenelitianiniterdiridariwawancara, Observasi, Tes, Dandokumentasi.Instrumendalampenelitianiniyaitupedomanobservasi, Soalteshasilbelajarsiswa, Danpedomanwawancara. Teknikanalisis Datadalampenelitianiniadalahteknikanalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianterjadipeningkatanketerampilan Guru Mengelolapembelajarandenganpenerapan Model Mind Mappingpadasiklus I Kesiklusii, Daripersentase65,95% (Baik) Menjadi 83,19% (Sangatbaik). Hasilbelajar IPS Siswajugamengalamipeningkatan.Diperolehketuntasanhasilbelajarpengetahuansiswapadasiklusi Kesiklus II Daripersentase 68,33% (Cukup) Menjadi75.33% (Baik). Hasilbelajarsikapsiswasiklus I Kesiklus II Daripersentase64% (Cukup) Menjadi 76% (Baik). Hasilbelajarketerampilansiswajugameningkatdarisiklus I Kesiklus II Denganpersentase 63% (Cukup) Menjadi75,30% (Baik). Simpulanpenelitianinibahwa Model Mind Mappingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajaripsmateripermasalahansosialpadasiswakelas IV SD 6 Getassrabi. Untukitudisarankandalammenerapkanmodel Mind Mappinglebihmemperhatikanwaktudanmemahamilangkah-Langkahnyasehingga Proses Pembelajaran Yang Dilaksanakanlebihmaksimaldansiswalebihaktifterlibatdalampembelajaran.