PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS KOMIK BAGI SISWA KELAS V SD 1 HADIPOLO
Main Author: | Ni’mah, Miftakhul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/5358/1/halaman_judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/2/bab_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/3/bab_2.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/4/bab_3.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/5/bab_4.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/6/bab_5.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/7/bab_6.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/8/daftar_pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/5358/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/5358/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mengetahui keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media grafis komik pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 1 Hadipolo, (2) mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media grafis komik pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 1 Hadipolo, (3) mengetahui model pembelajaran problem based learning berbantuan media grafis komik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 1 Hadipolo Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media grafis komik yang dimaksudkan dalam penelitian ini merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah yang diintegrasikan dengan kehidupan nyata yang dalam penyampaian materinya menggunakan media grafis berupa komik. Hasil belajar PKn adalah hasil yang diperoleh siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan keterampilan guru, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Hadipolo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media grafis komik. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian untuk keterampilan guru siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,17 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 90 (amat baik). Aktivitas pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,36 (baik), meningkat pada siklus II sebesar 83,37 (amat baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 66,67% (tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebasar 77,78 dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88,89% (sangat tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83,33. Hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh nilai 70,98 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,92. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh nilai 71,74 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,82. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media grafis komik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD 1 Hadipolo. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media grafis komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.