Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Bertujuan Menemukan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Diterapkannya Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd 5 Tanjungrejo. Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Adalah Sebuah Pendekatan Pembelajaran Matematika Dimana Menjadikan Permasalahan Realistik Yang Ada Di Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pembangun Konstruksi Pemahaman Konsep Matematika Yang Dilakukan Sendiri Oleh Siswa, Sehingga Siswa Akan Dapat Menemukan Sendiri Konsep-Konsep Matematika Melalui Pengalaman Belajar Secara Nyata Yang Dialami Selama Pembelajaran. Kemampuan Pemecahan Masalah Adalah Kemampuan Individu Dalam Upaya Proses Menyusun Seterategi Untuk Mencari Jalan Keluar, Mengurai, Menyelesaikan Kesulitan/Kendala Dari Suatu Masalah Yang Jawaban Atau Metode Jawaban Belum Tampak Jelas. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas Iv Sd 5 Tanjungrejo Dengan Subjek Penelitian Ini Adalah Guru Dan 11 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Dua Pertemuan Dengan Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Teknik Tes Dan Teknik Non Tes, Kemudian Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Telah Terjadi Peningkatan Ketuntasan Klasikal Dari Siklus 1 Ke Siklus 2, Dari 63,64% Menjadi 81,82%. Nilai Rata-Rata Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Juga Meningkat Dari 64,55 Menjadi 75,09. Setiap Aspek Kemampuan Pemecahan Masalah Juga Meningkat, Yaitu Aspekmemahami Masalah Meningkat Dari Siklus I Sebesar 84,85 Menjadi 93,18 Pada Siklus Ii, Aspek Merencanakan Pemecahan Masalah Dari 60,23 Menjadi 78,41, Aspek Melaksanakan Rencana Pemecahan Masalah Dari 59,09 Menjadi 69,93, Serta Aspek Memeriksa Kembali Dan Menyimpulkan Dari 55,24 Menjadi 60,49. Peningkatan Juga Terjadi Untuk Skor Ratarata Aktivitas Belajar Siswa Dari Menjadi 2,34 Pada Kriteria Cukup Baik Menjadi 3,25 Dengan Kriteria Baik. Selain Itu Keterampilan Mengajar Guru Juga Meningkat Dari 3,00 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,33 Atau Dalam Kriteria Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian, Disimpulkan Bahwa Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr)Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 5 Tanjungrejo. Peneliti Menyarankan Dalam Upaya Untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dan Meningkatkan Motivasi, Guru Sebaiknya Mengenalkan Masalah Dari Aktivitas Siswa Sendiri (Masalah Realistik) Sehingga Akan Muncul Pemikiran Bahwa Masalah Yang Biasa Disajikan Dalam Bentuk Soal Uraian Atau Cerita Merupakan Bagian Dari Aktivitas Sehari-Hari.