ctrlnum 5268
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatakan Hasil Belajar &#xD; Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv &#xD; Sd 2 Gondangmanis Kudus&#xD; </title><creator>Noor Diani Eka Pertiwi, Dina</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Permasalahan Yang Terjadi Di SD 2 Gondangmanis Adalah Rendahnya Hasil Belajar Pkn Dikarenakan Kurangnya Minat Belajar Siswa Dan Banyaknya Materi Serta Guru Kurang Inovatif. Tujuan Penelitian Ini Adalah Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Dengan Menerapkan Metode Talking Stick Berbantu Media Gambar. Talking Stick Merupakan Metode Pembelajaran Kelompok Dengan Bantuan Tongkat. Hasil Belajar Pkn Merupakan Prestasi Belajar Yang Dicapai Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Membawa Perubahan Dan Pembentukan Tingkah Laku Seseorang Baik Dari Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. &#xD; Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus Dengan 2 Kali Pertemuan Tiap Siklusnya. Terdiri Atas Tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV SD 2 Gondangmanis Bae Kudus Yang Terdiri Dari 16 Siswa. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yakni Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. &#xD; Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Siklus I Memperoleh Skor 100 Dengan Presentase 69,44% Dengan Kriteria Baik, Skor Siklus II Meningkat Menjadi 130 Dengan Presentase 90,27% Dengan Kriteria Sangat Baik, (2) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Diperoleh Skor 866 Dengan Presentase 67,65% Dengan Kriteria Cukup, Skor Siklus II Meningkat Menjadi 977 Dengan Presentase 76,33% Dengan Kriteria Baik, (3) Hasil Belajar Kognitif Prasiklus Memperoleh Rata-Rata 69,22 Dengan Ketuntasan Klasikal 56,25% Mengalami Peningkatan Pada Siklus I Sebesar 68,75% Dan Menigkat Pada Siklus II Menjadi 87,5%. Rata-Rata Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Siklus I Sebesar 67,19% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 76,82%. Rata-Rata Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Pada Siklus I Sebesar 68,36% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 75,59%.&#xD; Simpulan Pada Penelitian Ini Ialah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SD 2 Gondangmanis. Peneliti Memberikan Saran Kepada (1) Siswa, Agar Lebih Aktif Dalam Pembelajaran, Belajar Dan Bekerja Sama Dengan Siswa Lain Guna Memperkaya Ilmu Pengetahuan Dan Memperoleh Hasil Belajar Yang Lebih Baik (2) Guru, Agar Menerapkan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Sebagai Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Mempertimbangkan Waktu Yang Tersedia.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/8/LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5268/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Noor Diani Eka Pertiwi, Dina (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd 2 Gondangmanis Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5268/</relation><recordID>5268</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Noor Diani Eka Pertiwi, Dina
title Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd 2 Gondangmanis Kudus
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5268/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/8/LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5268/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5268/
contents Permasalahan Yang Terjadi Di SD 2 Gondangmanis Adalah Rendahnya Hasil Belajar Pkn Dikarenakan Kurangnya Minat Belajar Siswa Dan Banyaknya Materi Serta Guru Kurang Inovatif. Tujuan Penelitian Ini Adalah Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Dengan Menerapkan Metode Talking Stick Berbantu Media Gambar. Talking Stick Merupakan Metode Pembelajaran Kelompok Dengan Bantuan Tongkat. Hasil Belajar Pkn Merupakan Prestasi Belajar Yang Dicapai Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Membawa Perubahan Dan Pembentukan Tingkah Laku Seseorang Baik Dari Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus Dengan 2 Kali Pertemuan Tiap Siklusnya. Terdiri Atas Tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV SD 2 Gondangmanis Bae Kudus Yang Terdiri Dari 16 Siswa. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yakni Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Siklus I Memperoleh Skor 100 Dengan Presentase 69,44% Dengan Kriteria Baik, Skor Siklus II Meningkat Menjadi 130 Dengan Presentase 90,27% Dengan Kriteria Sangat Baik, (2) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Diperoleh Skor 866 Dengan Presentase 67,65% Dengan Kriteria Cukup, Skor Siklus II Meningkat Menjadi 977 Dengan Presentase 76,33% Dengan Kriteria Baik, (3) Hasil Belajar Kognitif Prasiklus Memperoleh Rata-Rata 69,22 Dengan Ketuntasan Klasikal 56,25% Mengalami Peningkatan Pada Siklus I Sebesar 68,75% Dan Menigkat Pada Siklus II Menjadi 87,5%. Rata-Rata Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Siklus I Sebesar 67,19% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 76,82%. Rata-Rata Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Pada Siklus I Sebesar 68,36% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 75,59%. Simpulan Pada Penelitian Ini Ialah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SD 2 Gondangmanis. Peneliti Memberikan Saran Kepada (1) Siswa, Agar Lebih Aktif Dalam Pembelajaran, Belajar Dan Bekerja Sama Dengan Siswa Lain Guna Memperkaya Ilmu Pengetahuan Dan Memperoleh Hasil Belajar Yang Lebih Baik (2) Guru, Agar Menerapkan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Sebagai Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Mempertimbangkan Waktu Yang Tersedia.
id IOS3090.5268
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:17Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996260176691200
score 16.845257