ctrlnum 5250
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&#xD; PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK&#xD; PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA&#xD; MATA PEAJARAN Pkn SD 7 HADIPOLO &#xD; JEKULO KUDUS&#xD; &#xD; </title><creator> Astuti, Novita Puji</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Permasalahan Dalam Pembelajaran Pkn Di SD 7 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Masih Monoton.Cara Penyampaian Materi Cenderung Menggunakan Metode Ceramah, Sehingga Pembelajaran Masih Berpusat Pada Guru Saja.Oleh Karena Itu, Hasil Belajar Pkn Kelas IV SD 7 Hadipolo Masih Rendah.Untuk Memecahkan Masalah Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini Maka Diterapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Yang Yang Melibatkan Seluruh Aktivitas Siswa Serta Melatih Tanggung Jawab Pada Setiap Siswa.Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah &#x201C;Apakah Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatakan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 7 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus&#x201D;.Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SD 7 Hadipolo.&#xD; Pembelajaran Pkn Merupakan Pembelajaran Ilmu Sosial Yang Bertujuan Untuk Mendidik, Membentuk Warga Negara Yang Baik, Mampu Melaksanakan Hak-Hak Dan Kewajibannya Sesuai Dengan Pancasila UUD 1945.Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Merupakan Salah Satu Model Pembelajaran Kooperatif Yang Menempatkan Siswa Dalam Kelompok-Kelompok Belajar Yang Beranggotakan 5 Sampai 6 Orang Siswa Yang Memiliki Kemampuan, Jenis Kelamin Dan Suku Atau Ras Yang Berbeda. &#xD; Penelitian Ini Ialah Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 7 Hadipolo, Dengan Subjek Penelitian Terdiri Atas Guru Dan Siswa Yang Berjumlah 20 Orang. Variabel Bebasnya Adalah Penerapan Modeltemas Games Tournament(TGT), Lalu Variabel Terikatnya Adalah Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 7 Hadipolo. Penelitian Ini Terdiri Dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi.Metode Pengumpulan Data Yang Dipakai Adalah Observasi, Tes, Wawancara, Dan Dokumentasi.Validitas Penelitian Ini Ialah Validitas Isi, Kemudian Reabilitasnya Adalah Menggunakan Rumus Kuder Dan Richarson.Selanjutnya, Teknik Analisis Data Yang Dipakai Adalah Kuantitatif Dan Kualitatif.&#xD; Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Adanya Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn. Pada Pra Siklus Nilai Rata-Rata Siswa Mencapai 57,15 Dengan Ketuntasan Belajar Siswa Mencapai 60%. Pada Siklus 1 Nilai Rata-Rata 63,75 Dengan Ketuntasan Belajar Siswa Mencapai 70%. Pada Siklus 2 Nilai Rata-Rata 73,5 Dengn Ketuntasan Belajar Siswa Mencapai 85%. Pada Hasil Belajar Ranah Afektif Memperoleh Rata-Rata Dari 3,08 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,15 Atau Dalam Kriteria Baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Memperoleh Rata-Rata Dari 3,08 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,24 Dengan Kriteria Baik. Selain Itu Keterampilan Mengajar Guru Juga Meningkat Dari Dari 2,78 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,14 Dengan Kriteria Sangat Baik.&#xD; Berdasarkan Hasil Penelitian, Disimpulkan Bahwa Dengan Model Temas Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn SD 7 Hadipolo Jekulo Kudus. Saran Yang Diajukan Dalam Penelitian Ini Adalah Yang Pertama Sebaiknya Guru Memperhatikan Karakter Semua Siswa Dengan Baik, Agar Guru Dapat Memotivasi Dan Membimbing Setiap Siswa Dengan Tepat Untuk Memahami Dan Menyelesaikan Masalah. Kedua Guru Sebaiknya Memperhatikan Dengan Baik Pengelolaan Waktu Pembelajaran Dengan Teams Games Tournament (TGT), Sehingga Proses Pembelajaran Dapat Berlangsung Efektif.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/1/HAL._JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/3/BAB__II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5250/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Astuti, Novita Puji (2015) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PEAJARAN Pkn SD 7 HADIPOLO JEKULO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5250/</relation><recordID>5250</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Astuti, Novita Puji
title PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PEAJARAN Pkn SD 7 HADIPOLO JEKULO KUDUS
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5250/1/HAL._JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/3/BAB__II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5250/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5250/
contents Permasalahan Dalam Pembelajaran Pkn Di SD 7 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Masih Monoton.Cara Penyampaian Materi Cenderung Menggunakan Metode Ceramah, Sehingga Pembelajaran Masih Berpusat Pada Guru Saja.Oleh Karena Itu, Hasil Belajar Pkn Kelas IV SD 7 Hadipolo Masih Rendah.Untuk Memecahkan Masalah Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini Maka Diterapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Yang Yang Melibatkan Seluruh Aktivitas Siswa Serta Melatih Tanggung Jawab Pada Setiap Siswa.Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah “Apakah Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatakan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 7 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus”.Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SD 7 Hadipolo. Pembelajaran Pkn Merupakan Pembelajaran Ilmu Sosial Yang Bertujuan Untuk Mendidik, Membentuk Warga Negara Yang Baik, Mampu Melaksanakan Hak-Hak Dan Kewajibannya Sesuai Dengan Pancasila UUD 1945.Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Merupakan Salah Satu Model Pembelajaran Kooperatif Yang Menempatkan Siswa Dalam Kelompok-Kelompok Belajar Yang Beranggotakan 5 Sampai 6 Orang Siswa Yang Memiliki Kemampuan, Jenis Kelamin Dan Suku Atau Ras Yang Berbeda. Penelitian Ini Ialah Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 7 Hadipolo, Dengan Subjek Penelitian Terdiri Atas Guru Dan Siswa Yang Berjumlah 20 Orang. Variabel Bebasnya Adalah Penerapan Modeltemas Games Tournament(TGT), Lalu Variabel Terikatnya Adalah Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 7 Hadipolo. Penelitian Ini Terdiri Dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi.Metode Pengumpulan Data Yang Dipakai Adalah Observasi, Tes, Wawancara, Dan Dokumentasi.Validitas Penelitian Ini Ialah Validitas Isi, Kemudian Reabilitasnya Adalah Menggunakan Rumus Kuder Dan Richarson.Selanjutnya, Teknik Analisis Data Yang Dipakai Adalah Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Adanya Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn. Pada Pra Siklus Nilai Rata-Rata Siswa Mencapai 57,15 Dengan Ketuntasan Belajar Siswa Mencapai 60%. Pada Siklus 1 Nilai Rata-Rata 63,75 Dengan Ketuntasan Belajar Siswa Mencapai 70%. Pada Siklus 2 Nilai Rata-Rata 73,5 Dengn Ketuntasan Belajar Siswa Mencapai 85%. Pada Hasil Belajar Ranah Afektif Memperoleh Rata-Rata Dari 3,08 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,15 Atau Dalam Kriteria Baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Memperoleh Rata-Rata Dari 3,08 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,24 Dengan Kriteria Baik. Selain Itu Keterampilan Mengajar Guru Juga Meningkat Dari Dari 2,78 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,14 Dengan Kriteria Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian, Disimpulkan Bahwa Dengan Model Temas Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn SD 7 Hadipolo Jekulo Kudus. Saran Yang Diajukan Dalam Penelitian Ini Adalah Yang Pertama Sebaiknya Guru Memperhatikan Karakter Semua Siswa Dengan Baik, Agar Guru Dapat Memotivasi Dan Membimbing Setiap Siswa Dengan Tepat Untuk Memahami Dan Menyelesaikan Masalah. Kedua Guru Sebaiknya Memperhatikan Dengan Baik Pengelolaan Waktu Pembelajaran Dengan Teams Games Tournament (TGT), Sehingga Proses Pembelajaran Dapat Berlangsung Efektif.
id IOS3090.5250
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:17Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996260102242304
score 16.845257