Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanketerampilan Guru Danmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadalampenerapan Model Pembelajaranrole Playingpadamatapelajaranpknmateriglobalisasipadasiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus Hasilbelajarmerupakanhasil Yang Dicapaisiswasebagaibuktikeberhasilansetelahmenerimapengalamanpembelajaran.Role Playingmerupakanpembelajarandengancaramemberikanperan-Perantertentukepadasiswadalambentukketerlibatanpengalamansesungguhnya Yang Dirancangoleh Guru Dandiperankanolehsiswa. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapan Model Pembelajaranrole Playingdapatmeningkatkanketerampilanmengajar Guru Danmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus Padamateriglobalisasi. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan Di Keas IV SD 4 Socodengansubjekpenelitianiniadalah Guru Dan15 Siswa, 8 Laki-Lakidan 7 Perempuan.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariduapertemuan.Variabelbebasadalah Model Pembelajaranbermainperan.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajarpknmateriglobalisasikelas IV SD 4 Soco.Teknikpengumpulan Data Yang Digunakanadalahtekniktes, Observasi, Wawancaradandokumentasi.Analisis Data Yang Digunakanmerupakananalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatpeningkatanketerampilan Guru Padasiklus I Mendapatskor Rata-Rata Persentase 67,5% Meningkatpadasiklus II Menjadiskorrata-Rata Persentaseyaitu 82,5% Dengankualifikasibaik. Hasilbelajarsiswapadaranahafektifsiklus I Skor Rata-Rata Mencapai 2,3meningkatpadasiklus II Menjadi 2,65 Dengankriteriabaik. Hasilbelajarpadaranahpsikomotoriksiklus I Skor Rata-Rata Mencapai 2,03meningkatpadasiklus II Menjadi 2,65 Dengankriteriabaik. Hasilbelajarsiswapadaranahkognitifsiklus I Smempunyainilai Rata-Rata 69denganketuntasanklasikal (53,33 %)Danhasilsiklus II Dengannilai Rata-Rata 75denganketuntasanklasikal (80%). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodel Role Playingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajarsiswamatapelajaranpknmateriglobalisasipadasiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus. Adapun Saran Yang Diberikanyakni Guru Dapatmenggunakan Model Dalampembelajaranrole Playingsebagai Alternative Model Dalampembelajaran.