ctrlnum 5225
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Talking Stick Berbantuan Gambar Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual Di Kelas V&#xD; Sdn 2 Pelemkerep Jepara&#xD; &#xD; </title><creator>Lutfiana, Ana</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan Penelitian Ini Adalah: (1) Menjelaskan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep, (2) Menjelaskan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep, (3) Menjelaskan Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep.&#xD; Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Merupakan Sebuah Pembelajaran Yang Menggunakan Media Tongkat Dalam Pelaksanaannya, Dimana Siswa Yang Mendapat Tongkat Akan Menjawab Pertanyaan Dari Guru Dengan Media Gambar. Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Membuat Siswa Terlibat Aktif Dalam Pembelajaran Dan Dapat Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Karena Ada Unsur Permainan Di Dalamnya. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual.&#xD; Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Guru Dan Siswa Kelas V SD 2 Pelemkerep Yang Akan Dilaksanakan Pada Bulan Oktober 2014 Sampai Mei 2015. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Dengan Dua Kali Pertemuan Setiap Siklusnya. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Observasi, Lembar Kerja Siswa, Soal Evaluasi, Dan Lembar Wawancara. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif.&#xD; Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Ada Peningktan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual. Terdapat Peningkatan Signifikan Antara Siklus I (68%) Dan Siklus II (88%), Diidukung Dengan Peningkatan Aktivitas Siswa Dari Siklus I 53%(Sedang) Dan Siklus II 75%(Tinggi). Pengelolaan Pembelajaran Oleh Guru Dengan Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Juga Meningkat Dari Siklus I 73% (Baik) Dan Siklus II 87,5% (Sangat Baik). Ini Membuktikan Bahwa Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Materi Mengomentari Persoalan Faktual Siswa Kelas Lima.&#xD; Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Pada Siswa Kelas V SD 2 Pelemkerep. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Selalu Memperhatikan Apa Yang Disampaikan Guru. Bagi Guru Hendaknya Dalam Menggunakan Model Talking Stick Sesuai Dengan Karakteristik Dan Perkembangan Siswa Agar Tidak Bosan Dan Lebih Menarik. Bagi Sekolah Hendaknya Menyediakan Media Pembelajaran Yang Lebih Variatif.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/1/01.HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/2/02.BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/3/03.BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/4/04.BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/5/05.BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/6/06.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/7/07.BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5225/9/08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Lutfiana, Ana (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Talking Stick Berbantuan Gambar Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual Di Kelas V Sdn 2 Pelemkerep Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5225/</relation><recordID>5225</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Lutfiana, Ana
title Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Talking Stick Berbantuan Gambar Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual Di Kelas V Sdn 2 Pelemkerep Jepara
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5225/1/01.HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/2/02.BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/3/03.BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/4/04.BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/5/05.BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/6/06.BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/7/07.BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5225/9/08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5225/
contents Tujuan Penelitian Ini Adalah: (1) Menjelaskan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep, (2) Menjelaskan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep, (3) Menjelaskan Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep. Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Merupakan Sebuah Pembelajaran Yang Menggunakan Media Tongkat Dalam Pelaksanaannya, Dimana Siswa Yang Mendapat Tongkat Akan Menjawab Pertanyaan Dari Guru Dengan Media Gambar. Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Membuat Siswa Terlibat Aktif Dalam Pembelajaran Dan Dapat Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Karena Ada Unsur Permainan Di Dalamnya. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual. Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Guru Dan Siswa Kelas V SD 2 Pelemkerep Yang Akan Dilaksanakan Pada Bulan Oktober 2014 Sampai Mei 2015. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Dengan Dua Kali Pertemuan Setiap Siklusnya. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Observasi, Lembar Kerja Siswa, Soal Evaluasi, Dan Lembar Wawancara. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Ada Peningktan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual. Terdapat Peningkatan Signifikan Antara Siklus I (68%) Dan Siklus II (88%), Diidukung Dengan Peningkatan Aktivitas Siswa Dari Siklus I 53%(Sedang) Dan Siklus II 75%(Tinggi). Pengelolaan Pembelajaran Oleh Guru Dengan Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Juga Meningkat Dari Siklus I 73% (Baik) Dan Siklus II 87,5% (Sangat Baik). Ini Membuktikan Bahwa Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Materi Mengomentari Persoalan Faktual Siswa Kelas Lima. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Pada Siswa Kelas V SD 2 Pelemkerep. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Selalu Memperhatikan Apa Yang Disampaikan Guru. Bagi Guru Hendaknya Dalam Menggunakan Model Talking Stick Sesuai Dengan Karakteristik Dan Perkembangan Siswa Agar Tidak Bosan Dan Lebih Menarik. Bagi Sekolah Hendaknya Menyediakan Media Pembelajaran Yang Lebih Variatif.
id IOS3090.5225
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:16Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996259986898944
score 16.845257