ctrlnum 5224
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran &#xD; Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus</title><creator>ARISTA, KIFNI </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Thik Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. &#xD; Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang membuat variasi suasana pada diskusi kelas memberikan waktu pada siswa untuk berpikir, merespons, dan saling membantu yang bertujuan untuk membentuk pola interaksi siswa, mengoptimalkan partisipasi siswa, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, aktif untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrument penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan tes.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar kognitif matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus I (50%), dan siklus II (81%), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siklus I 58% (cukup) menjadi 77% (baik) siklus II dan hasil belajar psikomotorik siklus I 58% (cukup) menjadi 78% (baik) pada siklus II. Keterampilan pembelajaran guru dengan model Think Pair Share juga mengalami peningkatan pada siklus I 69% (baik) menjadi 94% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Bulungcangkring dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share, guru harus guru harus menciptakan variasi dalam diskusi agar siswa dapat saling bantu sama lain.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/1/Halaman_Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5224/9/LAMPIRAN_pdf.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>ARISTA, KIFNI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5224/</relation><recordID>5224</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ARISTA, KIFNI
title Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5224/1/Halaman_Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5224/9/LAMPIRAN_pdf.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5224/
contents Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Thik Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang membuat variasi suasana pada diskusi kelas memberikan waktu pada siswa untuk berpikir, merespons, dan saling membantu yang bertujuan untuk membentuk pola interaksi siswa, mengoptimalkan partisipasi siswa, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, aktif untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrument penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar kognitif matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus I (50%), dan siklus II (81%), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siklus I 58% (cukup) menjadi 77% (baik) siklus II dan hasil belajar psikomotorik siklus I 58% (cukup) menjadi 78% (baik) pada siklus II. Keterampilan pembelajaran guru dengan model Think Pair Share juga mengalami peningkatan pada siklus I 69% (baik) menjadi 94% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Bulungcangkring dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share, guru harus guru harus menciptakan variasi dalam diskusi agar siswa dapat saling bantu sama lain.
id IOS3090.5224
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:16Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996259981656064
score 16.845257