Hasil Belajar Matematika, Snowball Throwing, Pecahan dan Urutannya
ctrlnum |
5219 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Hasil Belajar Matematika, Snowball Throwing, Pecahan dan Urutannya.</title><creator>FAHIROH, MAFAIZUL </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 4 Kesambi Kabupaten Kudus, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. 
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku atau kemampuan baru yang diperoleh siswa setelah dilakukan proses belajar. Model pembelajaran two stay two stray yaitu model yang dilakukan dengan cara saling mengunjungi atau bertamu antar kelompok untuk berbagi informasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi sikap terhadap pengaruh globalisasi bagi siswa kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus dengan subjek 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model two stay two stray. Sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi sikap terhadap pengaruh globalisasi kelas IV. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar PKn aspek kognitif ketuntasan klasikal pada pra siklus mendapat sebesar 42,9% (cukup), siklus I meningkat menjadi 64,3% (tinggi). Siklus II meningkat menjadi 85,7% (sangat tinggi). Hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siklus I 63,6%(tinggi), meningkat pada siklus II sebesar 82,5% (sangat tinggi). Keterampilan mengajar guru pada siklus I, dengan presentase penilaian 69,4% (tinggi), siklus II meningkat menjadi 88,9% (sangat tinggi). Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat presentase penilaian 64,8% (tinggi), meningkat pada siklus II mendapat presentase penilaian 82% (sangat tinggi).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 4 Kesambi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sikap terhadap pengaruh globalisasi kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus. Disarankan dalam menerapkan model two stay two stray, guru lebih memperhatikan siswa saat siswa menyampaikan hasil diskusinya, agar siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusinya kepada tamu.</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5219/9/LAMPIRAN_1.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>FAHIROH, MAFAIZUL (2015) Hasil Belajar Matematika, Snowball Throwing, Pecahan dan Urutannya. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5219/</relation><recordID>5219</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
FAHIROH, MAFAIZUL |
title |
Hasil Belajar Matematika, Snowball Throwing, Pecahan dan Urutannya |
publishDate |
2015 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/5219/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/5219/9/LAMPIRAN_1.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/5219/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 4 Kesambi Kabupaten Kudus, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa.
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku atau kemampuan baru yang diperoleh siswa setelah dilakukan proses belajar. Model pembelajaran two stay two stray yaitu model yang dilakukan dengan cara saling mengunjungi atau bertamu antar kelompok untuk berbagi informasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi sikap terhadap pengaruh globalisasi bagi siswa kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus dengan subjek 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model two stay two stray. Sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi sikap terhadap pengaruh globalisasi kelas IV. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar PKn aspek kognitif ketuntasan klasikal pada pra siklus mendapat sebesar 42,9% (cukup), siklus I meningkat menjadi 64,3% (tinggi). Siklus II meningkat menjadi 85,7% (sangat tinggi). Hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siklus I 63,6%(tinggi), meningkat pada siklus II sebesar 82,5% (sangat tinggi). Keterampilan mengajar guru pada siklus I, dengan presentase penilaian 69,4% (tinggi), siklus II meningkat menjadi 88,9% (sangat tinggi). Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat presentase penilaian 64,8% (tinggi), meningkat pada siklus II mendapat presentase penilaian 82% (sangat tinggi).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 4 Kesambi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sikap terhadap pengaruh globalisasi kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus. Disarankan dalam menerapkan model two stay two stray, guru lebih memperhatikan siswa saat siswa menyampaikan hasil diskusinya, agar siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusinya kepada tamu. |
id |
IOS3090.5219 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:12:16Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996259704832000 |
score |
16.845257 |