ctrlnum 5217
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Think Pair Share Untukmeningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswakelas Iv Sd 4 Kalirejo Undaan Kudus&#xD; &#xD; </title><creator>Safitri, Evi</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa, Dan Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SD 4 Kalirejo Undaan Kudus Setelah Menerapkan Model Think Pair Share.&#xD; Model Think Pair Share Merupakan Kelompok Belajar Kecil Untuk Menjawab Permasalahan Yang Dihadapkan Kepada Siswa Dalam Tugas Akademik Unggul Dalam Membantu Siswa, Memahami Konsep Yang Sulit Dan Hasil Belajar Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Adapun Dalam Pembelajaran Model Think Pair Share Yang Menerapkan Sebagai Pembelajaran Yang Dirancang Untuk Mempengaruhi Interaksi Siswa Agar Terjadi Variasi Pola Diskusi Dalam Kelas. Diskusi Ini Terdiri Dari Tiga Tahap Yaitu 1. Tahap Think (Berfikir) Yang Memberi Kesempatan Individu Untuk Memecahkan Masalahnya, 2. Tahap Pair (Berpasangan) Yang Menuntut Siswa Untuk Berpasangan Dengan Teman Sebangku Untuk Mencocokkan Hasil Jawaban Dalam Diskusi, Dan 3. Tahap Share (Berbagi) Yang Menuntut Siswa Menyampaikan Hasil Diskusi Kelompok Di Depan Kelas.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 4 Kalirejo Undaan Kudus Dengan Subjek Penelitian Guru Dan16 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Tindakan, Obsevasi Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Think Pair Share. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pembelajaran Yang Terdiri Dari Keterampilan Guru Mengajar, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Hasil Belajar Meliputi Ranah Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan. Instrumen Penelitian Ini Adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi Dan Tes.&#xD; Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I 83 % Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus II Memperoleh Nilai 90 Dalam Kualifikasi Sangat Baik. Nilai Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Nilai 63,35 Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus II Memperoleh Nilai 75,88 Dengan Kualifikasi Baik. Nilai Belajar Ranah Kognitif Siklus I Memperoleh Ketuntasan 68 Dan Siklus 2 81. Nilai Presentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Afektif Silus 1 69,70 Dan Siklus II 83,64. Nilai Presentase Klasikal Ranah Psikomototik Siklus I 56,21 Dan Siklus II 80,52. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 4 Kalirejo Undaan Kudus. &#xD; Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 4 Kalirejo Undaan Kudus Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Think Pair Share,Siswa Hendaknya Lebih Terbuka Atau Bertanya Kepada Guru Apabila Mengalami Kesulitan Ketika Mempelajari Materi Supaya Mengerti, Serta Guru SD Lebih Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Yang Bervariasi Sesuai Dengan Materi Pembelajaran.&#xD; &#xD; &#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/1/halaman_judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/8/lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5217/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Safitri, Evi (2015) Penerapan Model Think Pair Share Untukmeningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswakelas Iv Sd 4 Kalirejo Undaan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5217/</relation><recordID>5217</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Safitri, Evi
title Penerapan Model Think Pair Share Untukmeningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswakelas Iv Sd 4 Kalirejo Undaan Kudus
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5217/1/halaman_judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/8/lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5217/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5217/
contents Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa, Dan Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SD 4 Kalirejo Undaan Kudus Setelah Menerapkan Model Think Pair Share. Model Think Pair Share Merupakan Kelompok Belajar Kecil Untuk Menjawab Permasalahan Yang Dihadapkan Kepada Siswa Dalam Tugas Akademik Unggul Dalam Membantu Siswa, Memahami Konsep Yang Sulit Dan Hasil Belajar Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Adapun Dalam Pembelajaran Model Think Pair Share Yang Menerapkan Sebagai Pembelajaran Yang Dirancang Untuk Mempengaruhi Interaksi Siswa Agar Terjadi Variasi Pola Diskusi Dalam Kelas. Diskusi Ini Terdiri Dari Tiga Tahap Yaitu 1. Tahap Think (Berfikir) Yang Memberi Kesempatan Individu Untuk Memecahkan Masalahnya, 2. Tahap Pair (Berpasangan) Yang Menuntut Siswa Untuk Berpasangan Dengan Teman Sebangku Untuk Mencocokkan Hasil Jawaban Dalam Diskusi, Dan 3. Tahap Share (Berbagi) Yang Menuntut Siswa Menyampaikan Hasil Diskusi Kelompok Di Depan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 4 Kalirejo Undaan Kudus Dengan Subjek Penelitian Guru Dan16 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Tindakan, Obsevasi Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Think Pair Share. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pembelajaran Yang Terdiri Dari Keterampilan Guru Mengajar, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Hasil Belajar Meliputi Ranah Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan. Instrumen Penelitian Ini Adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi Dan Tes. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I 83 % Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus II Memperoleh Nilai 90 Dalam Kualifikasi Sangat Baik. Nilai Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Nilai 63,35 Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus II Memperoleh Nilai 75,88 Dengan Kualifikasi Baik. Nilai Belajar Ranah Kognitif Siklus I Memperoleh Ketuntasan 68 Dan Siklus 2 81. Nilai Presentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Afektif Silus 1 69,70 Dan Siklus II 83,64. Nilai Presentase Klasikal Ranah Psikomototik Siklus I 56,21 Dan Siklus II 80,52. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 4 Kalirejo Undaan Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 4 Kalirejo Undaan Kudus Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Think Pair Share,Siswa Hendaknya Lebih Terbuka Atau Bertanya Kepada Guru Apabila Mengalami Kesulitan Ketika Mempelajari Materi Supaya Mengerti, Serta Guru SD Lebih Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Yang Bervariasi Sesuai Dengan Materi Pembelajaran.
id IOS3090.5217
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:16Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996259697491968
score 16.845257