ctrlnum 5216
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&#xD; PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING&#xD; UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA &#xD; MATERI PECAHAN DAN URUTANNYA&#xD; SDN 5 BULUNGCANGKRING&#xD; </title><creator>EMILIANA, EKA SILA </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran Snowball Throwing materi Pecahan dan Urutannya kelas IV SDN 5 Bulungcangkring.&#xD; Model pembelajaran Snowball Throwing melatih siswa untuk membuat dan menjawab pertanyaan melalui permainan. Model Snowball Throwing dipilih karena sesuai dengan karakteristik masalah dan karakteristik siswa SD yang menyukai permainan. Hasil belajar matematika adalah perubahan tingkah laku, sikap, dan keterampilan atau perolehan yang didapat siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD SDN 5 Bulungcangkring tahun 2014/2015 dengan subjek penelitian berjumlah 19 siswa. Penelitian ini di desain dalam bentuk PTK terdiri atas dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulkan data yang digunakan ialah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, tes, dan lembar observasi. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang cukup signifkan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar serta nilai rata-rata pada setiap siklus. Persentase ketuntasan prasiklus(45%) menjadi (79%) pada sikus I dan pada siklus II (95%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65(cukup baik) meningkat pada siklus II 83 (baik) dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I mendapat nilai 65(cukup baik) meningkat pada siklus II 84 (sangat baik) . Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat nilai 76 (baik) menjadi 89 dengan kriteria (sangat baik).&#xD; Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika, dan keterampilan pengeloaan pembelajaran guru pada materi pecahan dan Urutannya kelas IV SD SDN 5 Bulungcangkring. Untuk itu model pembelajaran Snowball Throwing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menghadapi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Peneliti memberikan saran kepada siswa, guru, sekolah dan peneliti yang akan datang diharapkan dapat lebih memahami langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5216/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>EMILIANA, EKA SILA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN URUTANNYA SDN 5 BULUNGCANGKRING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5216/</relation><recordID>5216</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author EMILIANA, EKA SILA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN URUTANNYA SDN 5 BULUNGCANGKRING
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5216/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5216/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5216/
contents Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran Snowball Throwing materi Pecahan dan Urutannya kelas IV SDN 5 Bulungcangkring. Model pembelajaran Snowball Throwing melatih siswa untuk membuat dan menjawab pertanyaan melalui permainan. Model Snowball Throwing dipilih karena sesuai dengan karakteristik masalah dan karakteristik siswa SD yang menyukai permainan. Hasil belajar matematika adalah perubahan tingkah laku, sikap, dan keterampilan atau perolehan yang didapat siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD SDN 5 Bulungcangkring tahun 2014/2015 dengan subjek penelitian berjumlah 19 siswa. Penelitian ini di desain dalam bentuk PTK terdiri atas dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulkan data yang digunakan ialah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang cukup signifkan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar serta nilai rata-rata pada setiap siklus. Persentase ketuntasan prasiklus(45%) menjadi (79%) pada sikus I dan pada siklus II (95%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65(cukup baik) meningkat pada siklus II 83 (baik) dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I mendapat nilai 65(cukup baik) meningkat pada siklus II 84 (sangat baik) . Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat nilai 76 (baik) menjadi 89 dengan kriteria (sangat baik). Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika, dan keterampilan pengeloaan pembelajaran guru pada materi pecahan dan Urutannya kelas IV SD SDN 5 Bulungcangkring. Untuk itu model pembelajaran Snowball Throwing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menghadapi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Peneliti memberikan saran kepada siswa, guru, sekolah dan peneliti yang akan datang diharapkan dapat lebih memahami langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.
id IOS3090.5216
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:16Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996259693297664
score 16.845257