Penerapan Model Example Non Exampleuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Semester Ii Sdn 2 Raguklampitan Tahun 2013/2014
Main Author: | Sa’adah, Zumrotus |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/5209/1/SAMPUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/4/BAB_III_baru.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/5209/9/daftar_pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/5209/ |
Daftar Isi:
- Sa’adah, Zumrotus. 2015. Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Semester II SDN 2 Raguklampitan Tahun 2013/2014.Skripsi.Pendidikan Guru Sekolahdasar.Fakultaskeguruandanilmupendidikan.Universitasmuria Kudus.Pembimbing: (I) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons., (Ii) Erik Aditiaismaya, S.Pd.,M.A. Kata Kunci: Model Example Non Example, Hasilbelajar IPS, Perkembanganteknologiproduksi, Komunikasi, Dantransportasi. Penelitian Ini Bertujuan Mendiskripsikan Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Semester II SDN 2 Raguklampitan Tahun 2013/2014. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalamduasiklus, Setiap Siklus Terdiri Atastahapperencanaan, Tindakan, Observasi, Danrefleksi.Subjekpenelitianadalah Guru Dansiswakelas IV SD N 2 Raguklampitan Sebanyak23 Siswa.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah Model Example Non Example, Sedangkan Variabel Terikatnyahasilbelajar IPS Materiperkembanganteknologiproduksi, Komunikasi, Dantransportasi. Teknikpengumpulan Data Berupaobservasi, Wawancara, Tes, Dandokumentasi.Data Yang Diperolehdaritindakan Yang Dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkan(1) Hasilbelajar IPS Padaprasiklusmemperoleh Rata-Rata 70,86 Denganpersentase 50%, Meningkatmenjadi 69,46 Denganpersentase 67,86%, Padasiklus I Dansiklus II Menjadi 76,60 Denganpersentase 82,14%, (2) Aktivitassiswapadasiklus I Memperoleh Rata-Rata Persentase 76,65% (Baik) Danmeningkatpadasiklus II Menjadi 86,85% (Sangat Baik), (3) Keterampilan Guru Dalammengelolapembelajaran Di Siklus I Memperoleh Rata-Rata Persentase 70,23% (Baik) Danmeningkatmenjadi 86,30% (Sangat Baik). Berdasarkanpenelitianini, Dapatdisimpulkanbahwa Model Example Non Exampledapatmeningkatkanhasilbelajar IPS Siswa, Aktivitassiswa, Danketerampilan Guru Padapembelajaranmateriperkembanganteknologiproduksi, Komunikasi, Dantransportasikelas IV Semester 2 Di SD 2 Raguklampitan Jepara Tahunpelajaran2013/2014.