ctrlnum 5204
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan&#xD; Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv&#xD; Sd N 4 Honggosoco Kudus&#xD; </title><creator>Hakim, Azkiyatun Nufus </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description> Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerakan model Examples Non Examples berbasis keunggulan lokal dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus.&#xD; Kualitas pembelajaran IPS merupakan hasil belajar sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Examples Non Examples merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran IPS yang menekankan pada proses diskusi, kerjasama, berfikir kritis untuk menganalisis sebuah permasalahan melalui gambar dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Examples Non Examples, sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran IPS yang berbasis keunggulan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal pada pembelajaran IPS yang cukup signifikan antara siklus I (72,25%) dengan kategori tinggi (baik), pada siklus II (83,3%) dengan kategori sangat tinggi (sangat baik). Hasil belajar IPS siswa kelas IV tentang koperasi (ranah kognitif) juga mengalami kenaikan, pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I menjadi 67,9% (baik). Pada siklus II 85,71% (sangat baik), yang didukung oleh peningktan ranah afektif, siklus I mendapat 67,3% (baik) dan siklus II meningkat 81,53% (sangat baik) dan didukung oleh ranah psikomotor, pada siklus I mendapat 67,64% (baik) dan siklus II meningkat 82,08% (sangat baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi koperasi siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus. Untuk itu dalam pembelajaran IPS guru disarankan menerapkan model examples non examples, yang dalam penerapannya menggunakan media gambar-gambar yang mengarah pada pemahaman konsep IPS berbasis keunggulan lokal agar siswa dapat mengembangkan daya berfikirnya.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Hakim, Azkiyatun Nufus (2015) Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5204/</relation><recordID>5204</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hakim, Azkiyatun Nufus
title Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Kudus
publishDate 2015
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5204/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5204/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5204/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerakan model Examples Non Examples berbasis keunggulan lokal dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus. Kualitas pembelajaran IPS merupakan hasil belajar sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Examples Non Examples merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran IPS yang menekankan pada proses diskusi, kerjasama, berfikir kritis untuk menganalisis sebuah permasalahan melalui gambar dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Examples Non Examples, sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran IPS yang berbasis keunggulan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal pada pembelajaran IPS yang cukup signifikan antara siklus I (72,25%) dengan kategori tinggi (baik), pada siklus II (83,3%) dengan kategori sangat tinggi (sangat baik). Hasil belajar IPS siswa kelas IV tentang koperasi (ranah kognitif) juga mengalami kenaikan, pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I menjadi 67,9% (baik). Pada siklus II 85,71% (sangat baik), yang didukung oleh peningktan ranah afektif, siklus I mendapat 67,3% (baik) dan siklus II meningkat 81,53% (sangat baik) dan didukung oleh ranah psikomotor, pada siklus I mendapat 67,64% (baik) dan siklus II meningkat 82,08% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi koperasi siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus. Untuk itu dalam pembelajaran IPS guru disarankan menerapkan model examples non examples, yang dalam penerapannya menggunakan media gambar-gambar yang mengarah pada pemahaman konsep IPS berbasis keunggulan lokal agar siswa dapat mengembangkan daya berfikirnya.
id IOS3090.5204
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:16Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:58Z
recordtype dc
_version_ 1765996259638771712
score 16.845257