Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Kudus
ctrlnum |
5204 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan
Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv
Sd N 4 Honggosoco Kudus
</title><creator>Hakim, Azkiyatun Nufus </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description> Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerakan model Examples Non Examples berbasis keunggulan lokal dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus.
Kualitas pembelajaran IPS merupakan hasil belajar sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Examples Non Examples merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran IPS yang menekankan pada proses diskusi, kerjasama, berfikir kritis untuk menganalisis sebuah permasalahan melalui gambar dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Examples Non Examples, sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran IPS yang berbasis keunggulan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal pada pembelajaran IPS yang cukup signifikan antara siklus I (72,25%) dengan kategori tinggi (baik), pada siklus II (83,3%) dengan kategori sangat tinggi (sangat baik). Hasil belajar IPS siswa kelas IV tentang koperasi (ranah kognitif) juga mengalami kenaikan, pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I menjadi 67,9% (baik). Pada siklus II 85,71% (sangat baik), yang didukung oleh peningktan ranah afektif, siklus I mendapat 67,3% (baik) dan siklus II meningkat 81,53% (sangat baik) dan didukung oleh ranah psikomotor, pada siklus I mendapat 67,64% (baik) dan siklus II meningkat 82,08% (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi koperasi siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus. Untuk itu dalam pembelajaran IPS guru disarankan menerapkan model examples non examples, yang dalam penerapannya menggunakan media gambar-gambar yang mengarah pada pemahaman konsep IPS berbasis keunggulan lokal agar siswa dapat mengembangkan daya berfikirnya.
</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5204/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Hakim, Azkiyatun Nufus (2015) Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5204/</relation><recordID>5204</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Hakim, Azkiyatun Nufus |
title |
Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan
Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv
Sd N 4 Honggosoco Kudus |
publishDate |
2015 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/5204/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/5204/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/5204/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerakan model Examples Non Examples berbasis keunggulan lokal dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus.
Kualitas pembelajaran IPS merupakan hasil belajar sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Examples Non Examples merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran IPS yang menekankan pada proses diskusi, kerjasama, berfikir kritis untuk menganalisis sebuah permasalahan melalui gambar dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Examples Non Examples, sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran IPS yang berbasis keunggulan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal pada pembelajaran IPS yang cukup signifikan antara siklus I (72,25%) dengan kategori tinggi (baik), pada siklus II (83,3%) dengan kategori sangat tinggi (sangat baik). Hasil belajar IPS siswa kelas IV tentang koperasi (ranah kognitif) juga mengalami kenaikan, pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I menjadi 67,9% (baik). Pada siklus II 85,71% (sangat baik), yang didukung oleh peningktan ranah afektif, siklus I mendapat 67,3% (baik) dan siklus II meningkat 81,53% (sangat baik) dan didukung oleh ranah psikomotor, pada siklus I mendapat 67,64% (baik) dan siklus II meningkat 82,08% (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi koperasi siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus. Untuk itu dalam pembelajaran IPS guru disarankan menerapkan model examples non examples, yang dalam penerapannya menggunakan media gambar-gambar yang mengarah pada pemahaman konsep IPS berbasis keunggulan lokal agar siswa dapat mengembangkan daya berfikirnya.
|
id |
IOS3090.5204 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:12:16Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996259638771712 |
score |
16.845257 |