Pembelajaran Matematika Realistik Berkonteks Selendang Toh Watu Pada Materi Luas Daerah Persegi Panjang Di Kelas Iii Sd 1 Purworejo Kudus

Main Authors: Zuliana, Eka, Bintoro, Henry Suryo
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: PPPPTK MATIMATIKA , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/5023/1/COVER_DEPAN.jpg
http://eprints.umk.ac.id/5023/2/PANITIA_PENGARAH%2DDAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5023/3/ARTIKEL_SENDIMAT_P4TK_MATEMATIKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5023/
Daftar Isi:
  • Siswa kelas III SD 1 Purworejo Kudus mengalami kesulitan dalam memahami konsep luas daerah persegi panjang. Penelitian ini juga didasari oleh menurunnya pengetahuan generasi muda tentang budaya lokal Kudus.Berdasarkan masalah tersebut peneliti merancang sebuah desain pembelajaran menggunakan model pembelajaran matematika realistik(PMR) dengan menggunakan selendang toh watu sebagai konteksnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendapatkan desain pembelajaran matematika realistik berkonteks selendang toh watu (budaya lokal Kudus), (2) menggunakan desain pembelajaran tersebut untukmembantu siswa mengonstruksi pemahaman tentang luas daerah persegi panjang,dan (3) melihatdampak penggunaan desain pembelajaran tersebut terhadap proses konstruksi pengetahuan matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalahdesign research,dengan tahapan (1)persiapan uji coba desain, (2) uji coba desain, dan (3) analisisretrospektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwamodelPembelajaran Matematika Realistikdengan selendang toh watusebagai konteksnyadapatmerangsang danmeningkatkankemampuan siswauntuk memahamikonsepluas daerahpersegi panjang serta menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya lokal Kudus dalam hal ini adalah selendang toh watu yang merupakan selendang dari pakaian adat Kudus.