Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Net Profit Margin Terhadap Perataan Laba (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010-2014)

Main Author: Hildawati, Nasita
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/4951/1/Halaman_Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/7/daftar_pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4951/8/lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4951/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan net profit margin terhadap perataan laba.Sampel penelitian sebesar 21 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik.Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa variable ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan net profit margin berpengaruh terhadap perataan laba. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji simultan (uji F) sebesar 0,000. Secara parsial, variable ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan secara negative terhadap perataan laba. Sedangkan variable net profit margin berpengaruh signifikan secara positif terhadap perataan laba.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable independen dapat menjelaskan variable dependennyas ebesar 44,2%; 55,8% lainnya dijelaskan oleh faktor-faktor lain.