Menyiapkan Generasi Emas Anak Usia Dini Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Main Authors: Lestari, Indah, Gudnanto, -
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/4902/4/COVER_PROSIDING.jpg
http://eprints.umk.ac.id/4902/5/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4902/3/Indah_Lestari_UMK_Menyiapkan_Generasi_Emas_Anak_Usia_Dini.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4902/
Daftar Isi:
  • Indonesia memiliki Jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa dan hal ini tidak dapat dipungkiri merupakan asset yang sangat bernilai harganya. Untuk menjadikan Indonesia emas tidak hanya bergantung dengan sumber daya alamnya semata, malinkan perlu menggali sumber daya manusianya Tri pusat pendidikan manusia meliputi keluarga, masyarakat, dan sekolah menjadi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan prestasi anak bangsa. Lingkungan yang kondusif perlu ditumbuhkan dari tri pusat pendidikan ini. Sekolah atau jalur pendidikan memegang peranan strategis untuk memberikan pendidikan mengenai pengembangan kemampuan mencetak generasi anak bangsa yang berprestasi. Jalur pendidikan memiliki keunggulan untuk melakukan hal tersebut, peranan tersebut disebabkan karena jalur pendidikan bisa menjangkau sejumlah besar anak dan generasi muda di dalamnya karena mereka meruapakan aset berharga sebagai pewaris bangsa indonesia. Melalui peran layanan bimbingan dan konseling untuk anak usia dini akan sangat membantu mengembangkan potensi anak sedini mungkin sehingga mereka dapat memahami dirinya. dengan demikian diharapkan mereka sudah siap dalam pendidikan lebih lanjut, karenanya aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling yang dijalankan adalah menstimulasi perkembangan anak untuk memperoleh kesiapan sehingga dapat menjalankan tugas-tugas pada jenjang sekolah lanjutan.