Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini membagikan angket langsung kepada mahasiswa semester 8 UMK dan UNISNU Jepara progdi Akuntansi sebanyak 70 kuesioner yang telah kembali. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis linier berganda, uji t dan uji F. Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, dan Perilaku Belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, tetapi Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan perilaku belajar berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi.