ctrlnum 482
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Dwi Lestari, Winda </creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas VIII A mempunyai minat belajar yang rendah, yang diperoleh berdasarkan informasi dari guru pembimbing seperti, sering terlambat masuk sekolah, sering mengantuk dalam kelas, dan sering tidak mengerjakan PR. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya deskripsi minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, dapat menemukan seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. &#xD; Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: kaitannya dengan proses bimbingan dan konseling di sekolah, maka penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan revrensi untuk penelitian mengenai minat belajar.2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah, dapat digunakan kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. 2. Bagi Guru Pembimbing, dapat digunakan sebagai pegangan atau pedoman melaksanakan layanan penguasaan konten dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. 3. Bagi Siswa, sebagai motivasi siswa dalam meningkatkan minat belajar. 4. Bagi Peneliti, Sebagai bahan acuan dalam membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa. Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: &#x201C;Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.&#x201D;&#xD; Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, sebanyak 42 siswa yang minat belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variabel bebas) dan minat belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 4 materi dengan alokasi waktu 45 menit.&#xD; Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan minat belajar siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan hasil rata-rata 39,6%. Setelah diberi layanan penguasaan konten pada sikus I pertemuan pertama minat belajar siswa belum ada peningkatan, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 40,9% dengan kategori kurang, pada pertemuan ketiga minat belajar siswa meningkat menjadi 42,7% dengan kategori kurang, pada pertemuan keempat minat belajar siswa meningkat 46,4%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama minat belajar siswa meningkat menjadi 53,2% dengan kategori cukup, pada pertemuan kedua minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 67,9% dengan kategori baik, pada pertemuan ketiga minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 74,3% dengan kategori baik, pada pertemuan keempat minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 75,6%. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar siswa pada kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara.&#xD; Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada kelas VIII agar program BK dapat terlaksana, khususnya layanan penguasaan konten dalam meningkatkan minat belajar siswa.2. Kepada konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan minat belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada siswa, Diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan. 4. Kepada peneliti, Peneliti lain perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan minat belajar siswa maupun masalah lainnya dengan menggunakan layanan penguasaan konten.&#xD; &#xD; </description><date>2012-09-28</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/vnd.ms-powerpoint</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/482/9/Presentasi_Ujian_Skripsi_Winda.pptx</identifier><identifier>Dwi Lestari, Winda (2012) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/482/</relation><recordID>482</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
File:application/vnd.ms-powerpoint
author Dwi Lestari, Winda
title Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic Konsultas dan konseling pendidikan
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/482/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/482/9/Presentasi_Ujian_Skripsi_Winda.pptx
http://eprints.umk.ac.id/482/
contents Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas VIII A mempunyai minat belajar yang rendah, yang diperoleh berdasarkan informasi dari guru pembimbing seperti, sering terlambat masuk sekolah, sering mengantuk dalam kelas, dan sering tidak mengerjakan PR. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya deskripsi minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, dapat menemukan seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: kaitannya dengan proses bimbingan dan konseling di sekolah, maka penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan revrensi untuk penelitian mengenai minat belajar.2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah, dapat digunakan kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. 2. Bagi Guru Pembimbing, dapat digunakan sebagai pegangan atau pedoman melaksanakan layanan penguasaan konten dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. 3. Bagi Siswa, sebagai motivasi siswa dalam meningkatkan minat belajar. 4. Bagi Peneliti, Sebagai bahan acuan dalam membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa. Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.” Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, sebanyak 42 siswa yang minat belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variabel bebas) dan minat belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 4 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan minat belajar siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan hasil rata-rata 39,6%. Setelah diberi layanan penguasaan konten pada sikus I pertemuan pertama minat belajar siswa belum ada peningkatan, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 40,9% dengan kategori kurang, pada pertemuan ketiga minat belajar siswa meningkat menjadi 42,7% dengan kategori kurang, pada pertemuan keempat minat belajar siswa meningkat 46,4%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama minat belajar siswa meningkat menjadi 53,2% dengan kategori cukup, pada pertemuan kedua minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 67,9% dengan kategori baik, pada pertemuan ketiga minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 74,3% dengan kategori baik, pada pertemuan keempat minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 75,6%. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar siswa pada kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada kelas VIII agar program BK dapat terlaksana, khususnya layanan penguasaan konten dalam meningkatkan minat belajar siswa.2. Kepada konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan minat belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada siswa, Diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan. 4. Kepada peneliti, Peneliti lain perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan minat belajar siswa maupun masalah lainnya dengan menggunakan layanan penguasaan konten.
id IOS3090.482
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:09:39Z
last_indexed 2017-04-08T05:24:20Z
recordtype dc
_version_ 1765996231814807552
score 16.845257