TEACHING WRITING OF NARRATIVE TEXT TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF MA NU MAZROATUL HUDA KARANGANYAR IN 2014/2015 ACADEMIC YEAR BY USING EGRA (EXPERIENCE, GENERALIZATION, REINFORCEMENT, AND APPLICATION) TECHNIQUE
Daftar Isi:
- Menulis adalah salah satu kemampuan penting dalam pengajaran Bahasa Inggris. Untuk dapat menulis dengan benar, kita harus mempunyai kemampuan yang bagus dalam proses dan aspek menulis. Penguasaan kemampuan menulis membutuhkan banyak latihan. Tanpa latihan akan sangat sulit. EGRA singkatan dari Pengalaman, Penyamarataan, Penguatan, dan Aplikasi yang akan mengatur siswa untuk lebih baik dalam kempuan menulis. Teknik EGRA akan membantu guru membuat siswa lebih aktif member pertanyaan yang menantang dan penggunaanya dari teks narrative. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks narrative kalas sepuluh MA NU Mazroatul Huda Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan teknik EGRA. Penelitian ini termasuk experiment. Target populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas sepuluh MA NU Mazroatul Huda Karanganyar tahun 2014/2015. Penulis mengambil satu kelas secara acak sebagai sampel. Penulis mendapatkan kelas X-C, total siswa 31. Penulis member tes tulis dengan pre-test dan post-test. Hasil dari t-test menunjukkan to = 10.89. Pada tingkat signifikan (α) = 0.05 dan derajat kebebasan yang diperoleh dari N-1 = 31-1 = 30, t-table = 2.042. artinya, menolak Ho dan menerima Ha karena to jatuh pada daerah critical. Jadi, hipotesis menyatakan bahwa “adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks narrative pada kelas sepuluh MA NU Mazroatul Huda Karanganyar tahun 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan EGRA teknik”. Berdasarkan hasil, penulis menganjurkan menggunakan teknik EGRA untuk mengajar menulis teks narrative. Kemampuan menulis teks narrative menggunakan teknik EGRA membuat siswa lebih mudah untuk menulis teks narrative.