Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan meningkatkan keterampilan guru dengan menerapkan model Example Non Example pada materi sumber daya alam. Example Non Example adalah membelajarkan kepekaan siswa terhadap permasalahan yang ada disekitarnya melalui analisis contoh-contoh berupa gambar, foto, kasus yang bermuatan masalah. Hasil belajar IPA adalah perubahan yang terjadi pada siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran IPA. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Example Non Example sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Cendono kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, plaksanaan, observasi dan refleksi.. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrument tes menggunakan validitas empiris dengan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas data menggunakan teknik K-R 20. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,78 dengan ketuntasan belajar klasikal 72,22% dan pada siklus II nilai rat-rata menjadi 78,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,89%. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 90,5 dengan persentase 72,98% dengan kategori baik dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 100,5 dengan persentase 81,05% dengan kategori sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah melalui model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan guru. Peneliti memberikan saran kepada: (1) siswa, hendaknya aktif dalam pembelajaran; (2) guru, dalam proses pembelajaran perlu menerapkan suatu model pembelajaran yang inovatif untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan; (3) sekolah, Memotivasi dan melengkapi sarana prasarana guru untuk mendukung dan meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran; (4) peneliti lain, Peneliti yang akan menerapkan model yang sama ini yaitu model Example Non Example diharapkan agar lebih baik dalam persiapan, penerapan dan pengelolaan dalam pembelajaran.