ctrlnum 474
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.</title><creator>Khofah, Noor</creator><subject>Psikologi</subject><subject>Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia.</subject><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Berdasarkan hasil obsevasi awal di SMK Negeri 1 Kudus, peneliti mendapatkan data bahwa sebagian besar siswa kelas XI PM 2 belum mempunyai konsep diri yang positif. Gejala yang nampak yaitu masih adanya siswa yang terlambat datang ke sekolah, adanya siswa yang memiliki perasaan minder/rendah diri, suka menyontek, hasil prestasi belajar yang rendah, dan adanya siswa yang mempunyai perasaan tidak mampu melaksanakan tugas. Siswa yang demikian itu dapat dikatakan memiliki konsep diri yang negatif, sehingga perlu upaya untuk peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalahnya: 1) Bagaimanakah meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012?. Dan 2) Bagaimanakah upaya meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012?&#xD; Tujuan penelitian: diketahuinya tingkat konsep diri positif siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012 dan diperolehnya peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian secara teoritis: salah satu bahan acuan penelitian di bidang bimbingan dan konseling, kajian untuk penulisan ilmiah berkenaan dengan topik layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif dan tambahan khasanah pengetahuan khususnya di bidang bimbingan dan konseling tentang upaya bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. Sedangkan kegunaan praktis memberikan informasi kepada: 1) Konselor tentang upaya layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 2) Kepala Sekolah, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk mendukung program pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 3) Siswa, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat digunakan alternatif bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri positif.&#xD; Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah; variabel X (layanan bimbingan kelompok) sedangkan variabel Y (konsep diri positif).&#xD; </description><date>2012-10-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/4/BAB__III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/474/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier>Khofah, Noor (2012) Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/474/</relation><recordID>474</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Khofah, Noor
title Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic Psikologi
Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi
anak
remaja
dewasa lanjut usia
Konsultas dan konseling pendidikan
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/474/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/4/BAB__III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/474/
contents Berdasarkan hasil obsevasi awal di SMK Negeri 1 Kudus, peneliti mendapatkan data bahwa sebagian besar siswa kelas XI PM 2 belum mempunyai konsep diri yang positif. Gejala yang nampak yaitu masih adanya siswa yang terlambat datang ke sekolah, adanya siswa yang memiliki perasaan minder/rendah diri, suka menyontek, hasil prestasi belajar yang rendah, dan adanya siswa yang mempunyai perasaan tidak mampu melaksanakan tugas. Siswa yang demikian itu dapat dikatakan memiliki konsep diri yang negatif, sehingga perlu upaya untuk peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalahnya: 1) Bagaimanakah meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012?. Dan 2) Bagaimanakah upaya meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian: diketahuinya tingkat konsep diri positif siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012 dan diperolehnya peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian secara teoritis: salah satu bahan acuan penelitian di bidang bimbingan dan konseling, kajian untuk penulisan ilmiah berkenaan dengan topik layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif dan tambahan khasanah pengetahuan khususnya di bidang bimbingan dan konseling tentang upaya bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. Sedangkan kegunaan praktis memberikan informasi kepada: 1) Konselor tentang upaya layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 2) Kepala Sekolah, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk mendukung program pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 3) Siswa, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat digunakan alternatif bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri positif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah; variabel X (layanan bimbingan kelompok) sedangkan variabel Y (konsep diri positif).
id IOS3090.474
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:09:39Z
last_indexed 2017-04-08T05:24:20Z
recordtype dc
_version_ 1765996231593558016
score 16.845257