IMRPOVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF TENTH GRADE STUDENTS OF SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS BY USING STUDENT’S VIDEO RECORDING IN ACADEMIC YEAR 2014/2015
Daftar Isi:
- BerbicaraadalahsalahsatubagianterpentingdalambelajarbahasaInggris.Kemampuaniniadalahpentingkarena di dalamdunianyatakitaperlumenjagahubungandengansesamadengankemampuankomunikasi yang baik.Akan tetapi, hampirsemuasiswamerasasulituntukberbicarabahasaInggriskarenamerekamerasatakutataumaluuntukberbicara.Kondisitersebutjugaterjadipadasiswakelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahunajaran 2014/2015. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan Video RekamanSiswadalammeningkatkankemampuanberbicaradanuntukmengetahuiapakah Video RekamanSiswadapatmenigkatkankemampuanberbicarasiswakelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus TahunAjaran 2014/2015. Di dalampenelitianinipenelitimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridari 4 (empat) tahapanyaituperencanan, penerapan/tindakan, pengamatan, danrefleksi.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahunajaran 2014/2015, khususnyakelas X Akuntansi yang berjumlah 37 siswa. Sebelummenerapkansiklus-sikluspenelitianini, penelitimengumpulkan datadasardarinilaitespertengahan semester. Data dasarmenunjukkanbahwa rata-rata nilaiadalah 68 dengan 31 siswamemperolehnilai di bawah 75 dan 6 siswamendapatnilai di atas 75. Nilaiinidapatdikatagorikan “cukup”.PenelitianTindakanKelasinidiselesaikandalam 2 siklusdansetiapsiklusmenggunakan instrument lembarobservasidanteslisan. Berdasarkantemuandalampenelitianini, nilai rata-rata siswameningkatdari data dasar 68 menjadi 70.81 padasiklus 1 (satu) yang kemudiandiubahmenjadiprosentasesebesar 70.81% dapatdikatagorikan “cukup”, danselanjutnyamenjadi 76.32 padasiklus 2 (dua) yang diubahmenjadiprosentasesebesar 76.32% dapatdikateogrikan “baik”. Olehkarenaitu, penelitidapatmenyimpulkanbahwa Video RekamanSiswasebagai media pembelajaranbahasaInggrisdapatmeningkatkankemampuanberbicarasiswakelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus TahunAjaran 2014/2015. Penelitimenyarankankiranya Video RekamanSiswadapatdipertimbangkansebagaisalahsatu media pembelajaranberbicara.Para guru agar dapatmenggunakan media inisebagai alternative dalammengajarbahasaInggrissehinggasiswadapatmenggunakannyauntukmembantumerekaberekspresidanmenggembangkan ide-ide mereka.Siswaharuslebihpercayadiridanjangantakutmembuatkesalahanketikaberbicaradidepankelas.Untukpenelitiselanjutnya, skripsiinidapatjugamenjadisalahsatureferensi.Jadisetiap orang harusmeningkatkankemampuanmerekadalammeningkatkankemampuanberbicarasiswa.Karena student’s video recording dapatmembantumerekabelajartentangkesalahanmerekasendiridalampraktekberbicarabahasaInggris.