Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SD 1 Loram Kulon. Hasil belajar merupakan perubahan pengetahuan dari nilai, keterampilan dari kreatifitas siswa dan tingkah laku (sikap) menjadi lebih baik.Numbered Heads Together adalah model pembelajaran kooperatif yangditandai dengan penomoran setiap siswa dan siswa bekerjasama dalam sebuah kelompok untuk menjawab pertanyaan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Numbered HeadsTogether dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SD 1 Loram Kulon. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Loram Kulon dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model Numbered Heads Together. Sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis statistik deskriptif pada data kuantitatif dan analisis deskripsi pada data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi yang cukup signifikan antara pra siklus (42,8%), siklus I (66,67%) dan siklus II (85,72%). Hasil belajar afektif siswa meningkat 8,66%, siklus I 66,75% (tinggi), dan siklus II 75,41% (tinggi). Hasil belajar psikomotorik siswa meningkat 13,94%, siklus I 61,56% (tinggi), dan siklus II 75,50% (tinggi). Serta adanya peningkatan pada keterampilan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Heads Together, siklus I 71,42% (tinggi) meningkat menjadi 82,13% (sangat tinggi) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SD 1 Loram Kulon. Adapun saran yang diberikan, yaitu hendaknya siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta model Numbered Heads Together dapat dijadikan solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.