ctrlnum 466
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keberanian Siswa dalam Mengemukakan Pendapat di Kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Yuliati, Nanik</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Sekolah menengah atas (SMA)</subject><subject>Aspek profesional administasi dan pengajaran di sekolah. Bimbingan vokasional</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 yang memiliki keberanian mengemukakan pendapat rendah seperti, siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya, takut salah dalam berpendapat, malu mengungkapkan sesuatu yang ada didalam hatinya, tidak berani bertanya pada penjelasan yang belum dimengerti, menjawab pertanyaan dengan ragu-ragu, minder dengan teman yang lebih pintar. &#xD; Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah:1.Untuk mendeskripsikan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok.2. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keberanian siswa yang dilakukan oleh peneliti melalui bimbingan kelompok siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: dapat memberikan kontribusi dan referensi untuk penelitian mengenai keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas. 2. Kegunaan Praktis: 1) Kepala Sekolah berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terutama bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan keberanian siswa. 2) Bagi konselor sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan sungguh-sungguh, dan mengetahui betapa pentingnya layanan bimbingan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok terhadap keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas. Hipotesis Penelitian ini adalah: &#x201C;Melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012&#x201D;.&#xD; Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, sebanyak 8 siswa yang memunyai keberanian mengemukakan pendapat rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan keberanian mengemukakan pendapat (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 8 materi dengan alokasi waktu 45 menit x 2 jam pelajaran.&#xD; Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata 8,9. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 16,5. Sedangkan pada siklus II keberaniaan mengemukakan pendapat siswa terus meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skore rata-rata 26,5. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat diri pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo.&#xD; Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan sarana dan prasarana yang menunjang keberhasilan layanan bimbingan dan konseling disekolah tersebut. 2. Konselor diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang sedang dihadapi serta dapat membantu siswa dalam menumbuhkan keberanian melalui penyelenggaraan bimbingan dan konseling. 3. Wali kelas diharapkan mampu menjalin kedekatan dengan siswa sehingga dapat mengetahui sedini mungkin permasalahan yang dihadapi oleh siswa. 4. Guru bidang studi diharapkan mampu menjalin kedekatan dengan siswa dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat menumbuhkan keberanian dalam diri siswa yang nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar. 5 Siswa diharapkan lebih dapat mengontrol dirinya dalam hal sosial, komunikasi dengan sesama, guru dan orang tua agar dapat mengembangkan dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat.&#xD; </description><date>2012-10-05</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/1/halamn_judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/6/BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/9/LAMPIRAN_fULL.pdf</identifier><type>File:application/vnd.ms-powerpoint</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/466/10/PRESENTASI.pptx</identifier><identifier>Yuliati, Nanik (2012) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keberanian Siswa dalam Mengemukakan Pendapat di Kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/466/</relation><recordID>466</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
File:application/vnd.ms-powerpoint
author Yuliati, Nanik
title Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keberanian Siswa dalam Mengemukakan Pendapat di Kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic Konsultas dan konseling pendidikan
Teori dan praktek pendidikan
Sekolah menengah atas (SMA)
Aspek profesional administasi dan pengajaran di sekolah. Bimbingan vokasional
url http://eprints.umk.ac.id/466/1/halamn_judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/6/BAB__V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/9/LAMPIRAN_fULL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/466/10/PRESENTASI.pptx
http://eprints.umk.ac.id/466/
contents Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 yang memiliki keberanian mengemukakan pendapat rendah seperti, siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya, takut salah dalam berpendapat, malu mengungkapkan sesuatu yang ada didalam hatinya, tidak berani bertanya pada penjelasan yang belum dimengerti, menjawab pertanyaan dengan ragu-ragu, minder dengan teman yang lebih pintar. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah:1.Untuk mendeskripsikan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok.2. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keberanian siswa yang dilakukan oleh peneliti melalui bimbingan kelompok siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: dapat memberikan kontribusi dan referensi untuk penelitian mengenai keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas. 2. Kegunaan Praktis: 1) Kepala Sekolah berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terutama bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan keberanian siswa. 2) Bagi konselor sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan sungguh-sungguh, dan mengetahui betapa pentingnya layanan bimbingan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok terhadap keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, sebanyak 8 siswa yang memunyai keberanian mengemukakan pendapat rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan keberanian mengemukakan pendapat (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 8 materi dengan alokasi waktu 45 menit x 2 jam pelajaran. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata 8,9. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 16,5. Sedangkan pada siklus II keberaniaan mengemukakan pendapat siswa terus meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skore rata-rata 26,5. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat diri pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan sarana dan prasarana yang menunjang keberhasilan layanan bimbingan dan konseling disekolah tersebut. 2. Konselor diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang sedang dihadapi serta dapat membantu siswa dalam menumbuhkan keberanian melalui penyelenggaraan bimbingan dan konseling. 3. Wali kelas diharapkan mampu menjalin kedekatan dengan siswa sehingga dapat mengetahui sedini mungkin permasalahan yang dihadapi oleh siswa. 4. Guru bidang studi diharapkan mampu menjalin kedekatan dengan siswa dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat menumbuhkan keberanian dalam diri siswa yang nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar. 5 Siswa diharapkan lebih dapat mengontrol dirinya dalam hal sosial, komunikasi dengan sesama, guru dan orang tua agar dapat mengembangkan dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat.
id IOS3090.466
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:09:39Z
last_indexed 2017-04-08T05:24:20Z
recordtype dc
_version_ 1765996231546372096
score 16.845257