ctrlnum 4654
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht)&#xD; Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan&#xD; Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara&#xD; &#xD; </title><creator>KHOLIPAH, UMI </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) danmenentukanpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajaran, aktivitasbelajarsiswadanmenentukanpeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswapadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJepara.&#xD; Pemahamankonsepmerupakankemampuan yang dimilikisiswadalammemahamisuatumateripelajaransertasiswamampumenyatakanulangsebuahkonsep, mengaplikasikankonsepataualgoritmadalampemecahanmasalah, danmengungkapkankembalikonsep yang dimilikinya.Model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) adalah model diskusikelompokdenganpemberiannomorpadatiapanggotadalamkelompok, yang terdiridarifase 1: penomoran, fase 2: mengajukanpertanyaan, fase 3: berpikirbersamadanfase 4: menjawab.&#xD; Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJeparadengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdalampenelitianiniyakni model Numbered Heads Together(NHT). Sedangkanvariabelterikatnyayaknipemahamankonsepmatematikakhususnyapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang dipakaiadalahlembarwawancara, lembarobservasi, tesdandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif.&#xD; Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I sebesar 69,08% (baik) padasiklus II meningkatmenjadi 82,84% (baik). Aktivitasbelajarmatematikasiswapadasiklus I 63,14% (cukup) danpadasiklus II meningkatmenjadi 87,21% (sangatbaik). Nilaipemahamankonsepmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahanantarasiklus I (72,22%), dansiklus II (88,89%). &#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>KHOLIPAH, UMI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4654/</relation><recordID>4654</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KHOLIPAH, UMI
title Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/4654/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4654/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4654/
contents Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) danmenentukanpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajaran, aktivitasbelajarsiswadanmenentukanpeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswapadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJepara. Pemahamankonsepmerupakankemampuan yang dimilikisiswadalammemahamisuatumateripelajaransertasiswamampumenyatakanulangsebuahkonsep, mengaplikasikankonsepataualgoritmadalampemecahanmasalah, danmengungkapkankembalikonsep yang dimilikinya.Model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) adalah model diskusikelompokdenganpemberiannomorpadatiapanggotadalamkelompok, yang terdiridarifase 1: penomoran, fase 2: mengajukanpertanyaan, fase 3: berpikirbersamadanfase 4: menjawab. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJeparadengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdalampenelitianiniyakni model Numbered Heads Together(NHT). Sedangkanvariabelterikatnyayaknipemahamankonsepmatematikakhususnyapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang dipakaiadalahlembarwawancara, lembarobservasi, tesdandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I sebesar 69,08% (baik) padasiklus II meningkatmenjadi 82,84% (baik). Aktivitasbelajarmatematikasiswapadasiklus I 63,14% (cukup) danpadasiklus II meningkatmenjadi 87,21% (sangatbaik). Nilaipemahamankonsepmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahanantarasiklus I (72,22%), dansiklus II (88,89%).
id IOS3090.4654
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:01Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:47Z
recordtype dc
_version_ 1765996256843268096
score 16.845257