Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara
Main Author: | KHOLIPAH, UMI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/4654/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4654/ |
ctrlnum |
4654 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht)
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan
Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara

</title><creator>KHOLIPAH, UMI </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) danmenentukanpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajaran, aktivitasbelajarsiswadanmenentukanpeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswapadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJepara.
Pemahamankonsepmerupakankemampuan yang dimilikisiswadalammemahamisuatumateripelajaransertasiswamampumenyatakanulangsebuahkonsep, mengaplikasikankonsepataualgoritmadalampemecahanmasalah, danmengungkapkankembalikonsep yang dimilikinya.Model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) adalah model diskusikelompokdenganpemberiannomorpadatiapanggotadalamkelompok, yang terdiridarifase 1: penomoran, fase 2: mengajukanpertanyaan, fase 3: berpikirbersamadanfase 4: menjawab.
Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJeparadengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdalampenelitianiniyakni model Numbered Heads Together(NHT). Sedangkanvariabelterikatnyayaknipemahamankonsepmatematikakhususnyapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang dipakaiadalahlembarwawancara, lembarobservasi, tesdandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif.
Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I sebesar 69,08% (baik) padasiklus II meningkatmenjadi 82,84% (baik). Aktivitasbelajarmatematikasiswapadasiklus I 63,14% (cukup) danpadasiklus II meningkatmenjadi 87,21% (sangatbaik). Nilaipemahamankonsepmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahanantarasiklus I (72,22%), dansiklus II (88,89%). 
</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4654/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>KHOLIPAH, UMI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4654/</relation><recordID>4654</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
KHOLIPAH, UMI |
title |
Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht)
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan
Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://eprints.umk.ac.id/4654/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/4654/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4654/ |
contents |
Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) danmenentukanpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajaran, aktivitasbelajarsiswadanmenentukanpeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswapadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJepara.
Pemahamankonsepmerupakankemampuan yang dimilikisiswadalammemahamisuatumateripelajaransertasiswamampumenyatakanulangsebuahkonsep, mengaplikasikankonsepataualgoritmadalampemecahanmasalah, danmengungkapkankembalikonsep yang dimilikinya.Model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) adalah model diskusikelompokdenganpemberiannomorpadatiapanggotadalamkelompok, yang terdiridarifase 1: penomoran, fase 2: mengajukanpertanyaan, fase 3: berpikirbersamadanfase 4: menjawab.
Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJeparadengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdalampenelitianiniyakni model Numbered Heads Together(NHT). Sedangkanvariabelterikatnyayaknipemahamankonsepmatematikakhususnyapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang dipakaiadalahlembarwawancara, lembarobservasi, tesdandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif.
Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I sebesar 69,08% (baik) padasiklus II meningkatmenjadi 82,84% (baik). Aktivitasbelajarmatematikasiswapadasiklus I 63,14% (cukup) danpadasiklus II meningkatmenjadi 87,21% (sangatbaik). Nilaipemahamankonsepmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahanantarasiklus I (72,22%), dansiklus II (88,89%).
|
id |
IOS3090.4654 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:12:01Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996256843268096 |
score |
16.845257 |