UPAYA MENGATASI KEJENUHAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS X TKR 3 SMK WISUDHA KARYA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Sari, Wulan
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/4631/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/8/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4631/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4631/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan tindakan dalam mengatasi kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka siswa kelas X TKR 3 SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015. 2. Mengetahui keefektifan dari layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengatasi kejenuhan ekstrakurikuler pramuka di kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015. Kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka adalah rasa bosan dan lelah dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka yang dianggap tidak mempunyai tujuan apapun. Untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka peneliti berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. Masalah penelitian ini adalah 1. Bagaimana penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengatasi kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka siswa kelas X TKR 3 SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015? 2. Apakah layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dapat mengatasi kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka melalui pada kelas X TKR 3 SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015? Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X TKR 3 SMK Wisudha Karya Kudus, sebanyak 10 siswa yang mempunyai tingakatan kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka paling tinggi. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan dengan alokasi waktu 60 menit. Hasil penelitian pra siklus Kejenuhan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka menunjukkan kategori sangat kurang dengan skor rata-rata 91%. Siklus I Kejenuhan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka mengalami penurunan dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 60% yang berarti mengalami penurunan dengan skor 31% dari pra siklus. Siklus II Kejenuhan Mengukuti Ekstrakurikuler Pramuka dalam kategori sangat kurang dengan skor rata-rata 31% yang berarti ada penurunan 29% dari siklus I. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil pra siklus samapai siklus II memperoleh penurunan hingga rata-rata sebesar 60%. Berdasarkan hipotesis “Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama dapat Mengatasi Kejenuhan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Pada Kelas X TKR 3 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima sesuai indikator keberhasilan penelitian. Saran yang diberikan peneliti kepada: 1) Guru BK, diharapkan dapat memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama selanjutnya pada siswa untuk membantu mengatasi kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka. 2) Kepala Sekolah, diharapkan dapat menciptakan dan mewujudkan siswa maupun guru agar bisa berbuat baik sesuai peraturan sekolah yang disepakati. 3) Siswa, dapat dijadikan sebagai saran agar mampu memahami dan mengetahui serta dapat mengatasi kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka. 4) Peneliti, dapat menjadi pedoman untuk diterapkan dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama guna membantu mengatasi kejenuhan mengikuti ekstrakurikuler pramuka.