ctrlnum 4548
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>The Use Of Classroom Survey Technique&#xD; To Improve The Fifth Grade Students&#x2019; Vocabulary Mastery Of Sd N 05 Sukosono Kedung Jepara In The Academic Year 2014/2015&#xD; </title><creator> WAFIROH, SITI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Mengajar Bahasa Inggris di sekolah dasar adalah mengenalkan dasar atau Bahasa Inggris sederhana. Sehingga, hasil belajar bahasa inggris siswa berpusat kepada penguasaan kosakata. Sayangnya, beberapa siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara mempunyai keterbatasan penguasaan kosakata. Mereka kesulitan untuk memahami dan menghafal arti dari setiap kata. Selain itu, mereka mudah bosan saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Teknik Classroom Survey adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Teknik ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan mengatasi kebosanan mereka di kelas. Mereka dapat belajar kosakata Bahasa Inggris dengan senang dan gembira. Oleh karena itu, saya menggunakan teknik Classroom Survey untuk tujuan meningkatkan penguasaan kosakata siswa.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik Classroom Survey dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD N 05 Syukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015 dan untuk mendiskripsikan respon siswa terhadap penggunaan Teknik Classroom Survey dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.&#xD; Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Saya menggunakan tiga instrumen penelitian. Yaitu lembar observasi, kuesioner dan tes penguasaan kosakata Bahasa Inggris.&#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap siklus. Pertama, penerapan teknik Classroom Survey menjadikan siswa lebih tertarik untuk belajar kosakata Bahasa Inggris. Pada siklus 1, mereka tidak menikmati berbagai kegiatan di dalam kelas. Sedangkan pada siklus 2, mereka menjadi antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut. Kedua, kemampuan penguasaan kosakata siswa telah meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil dari tes pra-siklus, nilai rata-rata siswa adalah 59.33 dan dikategorikan cukup. Nilai siswa meningkat pada siklus 1, nilai rata-rata siswa adalah 73.33 and dikategorikan baik. Terakhir di siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 88 dan dikategorikan sangat baik. Ketiga, respon siswa terhadap penerapan teknik Classroom Survey menjadi lebih baik di setiap siklus. Pada siklus 2, siswa menunjukan respon yang lebih baik jika dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Siswa menjadi lebih berpartisipasi dan menikmati belajar kosakata Bahasa Inggris.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Teknik Classroom Survey dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015. Oleh karena itu, teknik ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris maupun peneliti lain untuk mengajar penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/1/1._Hal._Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/2/2._Bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/3/3._Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/4/4._Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/5/5._Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/6/6._Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/7/7._Bab_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/8/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4548/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>WAFIROH, SITI (2015) The Use Of Classroom Survey Technique To Improve The Fifth Grade Students&#x2019; Vocabulary Mastery Of Sd N 05 Sukosono Kedung Jepara In The Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4548/</relation><recordID>4548</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WAFIROH, SITI
title The Use Of Classroom Survey Technique To Improve The Fifth Grade Students’ Vocabulary Mastery Of Sd N 05 Sukosono Kedung Jepara In The Academic Year 2014/2015
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/4548/1/1._Hal._Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/2/2._Bab_1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/3/3._Bab_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/4/4._Bab_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/5/5._Bab_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/6/6._Bab_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/7/7._Bab_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/8/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4548/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4548/
contents Mengajar Bahasa Inggris di sekolah dasar adalah mengenalkan dasar atau Bahasa Inggris sederhana. Sehingga, hasil belajar bahasa inggris siswa berpusat kepada penguasaan kosakata. Sayangnya, beberapa siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara mempunyai keterbatasan penguasaan kosakata. Mereka kesulitan untuk memahami dan menghafal arti dari setiap kata. Selain itu, mereka mudah bosan saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Teknik Classroom Survey adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Teknik ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan mengatasi kebosanan mereka di kelas. Mereka dapat belajar kosakata Bahasa Inggris dengan senang dan gembira. Oleh karena itu, saya menggunakan teknik Classroom Survey untuk tujuan meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik Classroom Survey dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD N 05 Syukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015 dan untuk mendiskripsikan respon siswa terhadap penggunaan Teknik Classroom Survey dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Saya menggunakan tiga instrumen penelitian. Yaitu lembar observasi, kuesioner dan tes penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap siklus. Pertama, penerapan teknik Classroom Survey menjadikan siswa lebih tertarik untuk belajar kosakata Bahasa Inggris. Pada siklus 1, mereka tidak menikmati berbagai kegiatan di dalam kelas. Sedangkan pada siklus 2, mereka menjadi antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut. Kedua, kemampuan penguasaan kosakata siswa telah meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil dari tes pra-siklus, nilai rata-rata siswa adalah 59.33 dan dikategorikan cukup. Nilai siswa meningkat pada siklus 1, nilai rata-rata siswa adalah 73.33 and dikategorikan baik. Terakhir di siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 88 dan dikategorikan sangat baik. Ketiga, respon siswa terhadap penerapan teknik Classroom Survey menjadi lebih baik di setiap siklus. Pada siklus 2, siswa menunjukan respon yang lebih baik jika dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Siswa menjadi lebih berpartisipasi dan menikmati belajar kosakata Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Teknik Classroom Survey dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015. Oleh karena itu, teknik ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris maupun peneliti lain untuk mengajar penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.
id IOS3090.4548
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:11:58Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:44Z
recordtype dc
_version_ 1765996256200491008
score 16.845257