APLIKASI HUKUM PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MULTILINGUAL BERBANTUAN FILM ANIMASI DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Rondli, Wawan Shokib, Fathurohman, Irfai, Nurcahyo, Agung Dwi
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: Universitas Muria kudus , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/4481/1/Prosiding_Final_PGSD_FKIP_UMK.1%2Dpage%2D001.jpg
http://eprints.umk.ac.id/4481/2/hal_depan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4481/3/artikel.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4369/
http://eprints.umk.ac.id/4481/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah, mengkaji aplikasi hukum dan perlindungan anak terhadap pembelajaran di sekolah dasar. Memaparkan bentuk pembelajaran multilingual berbantuan film animasi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif. Bentuk pemaparannya pada penelitian ini melalui bentuk pendeskripsikan dengan langkah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, studi pustaka. Sumber datanya merupakan beberapa literatur yang terkait dengan penelitian. Subyek penelitiannya merupakan pembelajaran di sekolah dasar, dengan objek penelitian yakni aplikasi hukum dan perlindungan anak. Analisis datanya mempergunakan reduksi, penyajian data, kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni, pertama memberikan bentuk kajian yang aplikasi hukum yang selama ini ada di sekolah dasar dengan bentuk perlindungan anak terhadap pembelajaran. Kedua, bentuk pembelajaran multilingual yang menerapkan beberapa bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Daerah, dan bahasa penunjang yakni korea merupakan langkah untuk mengenalkan keberaksaraan sejak dini kepada siswa sekolah dasar. Ketiga, evaluasi terhadap aplikasi hukum dan perlindungan anak dipaparkan melalui langkah penyajian pembelajaran yang tidak terpusat pada satu bahasa komunikasi saat pembelajaran berlangsung.