ctrlnum 4420
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Inkuiri Materi Ipa Pada Siswa Kelas Iv &#xD; Sdn Dadirejo 02 Pati&#xD; &#xD; </title><creator>WULANDARI, MEI </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang terjadi menunjukkan aktivitas siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang akan dipelajari, menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara bersama-sama, menghafalkan teori-teori yang ada di buku, mengerjakan tugas di lembar kerja siswa, aktivitas siswa pasif, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Kondisi tersebut menyebabkan pembelajaran kurang bermakna sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik kelas IV SDN Dadrejo 02 dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV SDN Dadirejo 02.&#xD; Inkuiri adalah cara belajar atau penelaahan yang bersifat mencari pemecahan permasalahan dengan cara kritis, analisis, ilmiah dengan menggunakan langkah-langkah untuk melakukan eksperimen dan membuat kesimpulan yang meyakinkan karena didukung oleh data atau kenyataan. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran ditandai dengan perubahan tingkah laku secara keseluruhan yang mencakup segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data kognitif diperoleh dari hasil tes evaluasi. Data afektif dan psikomotorik diperoleh dari hasil pengamatan siswa selama melakukan eksperimen.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dadirejo 02 berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri dan variabel terikat mengetahui hasil belajar IPA. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil tes evaluasi, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik yang cukup signifikan antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I (75%) dan siklus II (85%) meningkat 10%. Peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dengan model inkuiri. Aktivitas belajar siswa siklus I 65,16% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 81,9% (baik). Kemampuan guru menerapkan model inkuiri siklus I 76,8% (baik) dan siklus II meningkat 83,9% (baik). Peningkatan siswa pada siklus II dipengaruhi oleh guru yang selalu memberikan motivasi atau dorongan, memberikan penghargaan berupa pujian untuk siswa terbaik sehingga dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri dipengaruhi oleh aktivitas guru yang selalu melakukan perbaikan pembelajaran pada tiap-tiap pertemuan.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN Dadirejo 02. Penerapan model pembelajaran inkuiri memberi arahan kepada guru untuk memberikan kebebasan berpikir siswa melalui pertanyaan-pertanyaan penemuan konsep, memberikan kesempatan mengemukakan ide atau gagasannya secara terbuka sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/1/1_HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/2/2_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/3/3_BAB_II_KAJIAN_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/4/4_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/5/5_BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/6/6_BAB_V_PEMBAHASAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/7/7_BAB_VI_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/8/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4420/9/9_LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>WULANDARI, MEI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Inkuiri Materi Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Dadirejo 02 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4420/</relation><recordID>4420</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WULANDARI, MEI
title Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Inkuiri Materi Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Dadirejo 02 Pati
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/4420/1/1_HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/2/2_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/3/3_BAB_II_KAJIAN_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/4/4_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/5/5_BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/6/6_BAB_V_PEMBAHASAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/7/7_BAB_VI_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/8/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4420/9/9_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4420/
contents Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang terjadi menunjukkan aktivitas siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang akan dipelajari, menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara bersama-sama, menghafalkan teori-teori yang ada di buku, mengerjakan tugas di lembar kerja siswa, aktivitas siswa pasif, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Kondisi tersebut menyebabkan pembelajaran kurang bermakna sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik kelas IV SDN Dadrejo 02 dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV SDN Dadirejo 02. Inkuiri adalah cara belajar atau penelaahan yang bersifat mencari pemecahan permasalahan dengan cara kritis, analisis, ilmiah dengan menggunakan langkah-langkah untuk melakukan eksperimen dan membuat kesimpulan yang meyakinkan karena didukung oleh data atau kenyataan. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran ditandai dengan perubahan tingkah laku secara keseluruhan yang mencakup segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data kognitif diperoleh dari hasil tes evaluasi. Data afektif dan psikomotorik diperoleh dari hasil pengamatan siswa selama melakukan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dadirejo 02 berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri dan variabel terikat mengetahui hasil belajar IPA. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil tes evaluasi, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik yang cukup signifikan antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I (75%) dan siklus II (85%) meningkat 10%. Peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dengan model inkuiri. Aktivitas belajar siswa siklus I 65,16% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 81,9% (baik). Kemampuan guru menerapkan model inkuiri siklus I 76,8% (baik) dan siklus II meningkat 83,9% (baik). Peningkatan siswa pada siklus II dipengaruhi oleh guru yang selalu memberikan motivasi atau dorongan, memberikan penghargaan berupa pujian untuk siswa terbaik sehingga dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri dipengaruhi oleh aktivitas guru yang selalu melakukan perbaikan pembelajaran pada tiap-tiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN Dadirejo 02. Penerapan model pembelajaran inkuiri memberi arahan kepada guru untuk memberikan kebebasan berpikir siswa melalui pertanyaan-pertanyaan penemuan konsep, memberikan kesempatan mengemukakan ide atau gagasannya secara terbuka sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir
id IOS3090.4420
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:11:54Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:41Z
recordtype dc
_version_ 1765996255639502848
score 16.845257