Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013

Main Author: Roysa, Mila
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: Universitas Negeri Semarang , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/4373/1/cover.jpg
http://eprints.umk.ac.id/4373/9/hal._depan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4373/10/artikel.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4373/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja, sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kurikulum mendongeng juga dapat diaplikasikan dalam kurikulum 2013 pada siswa sekolah dasar, karena materi dongeng dipilih sebagai alternatif untuk pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain (bahasa Indonesia, agama, dan matematika).