APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGEATAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK KELAS V (5) SD MAUPUN MI
Main Author: | SETIAWAN, DIDIK |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/4266/1/Hal_Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/4266/9/Lampiran.pdf http:eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4266/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat belajar yang menjurus kearah terjadinya proses belajar. Banyaknya mata pelajaran membuat siswa kesulitan untuk menguasai materi yang diberikan. Selain itu, proses pembelajaran yang terkesan monoton membuat siswa merasa bosan. Salah satunya adalah mata pelajaran IPA, pada materi yang diberikan yaitu organ pernapasan manusia, organ pencernaan manusia, organ peredaran darah manusia, pesawat sederhana dan gaya. Banyaknya komponen-komponen pada mata pelajaran tersebut membuat para siswa kesulitan memahami fungsi dan proses setiap komponen pada pembelajaran. Adanya aplikasi media pembelajaran ini bertujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar dan meningkatkan efisiensi belajar-mengajar. Tahapan yang dilakukan pada perancangan Aplikasi Media Pembelajaran adalah melakukan kegiatan pengumpulan data berupa materi pembelajaran dan desain user interface, dengan software pendukung Adobe Flash CS6 untuk pembuatan media. Hasil yang diperoleh dari Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas v Berbasis Multimedia dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah proses pembelajaran.