Implementasi Pembelajaran Tematik Melalui Lesson Study di Sekolah Dasar
Main Author: | Rondli, Wawan Shokib |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Muria Kudus
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/4149/1/IMG_0001.jpg http://eprints.umk.ac.id/4149/2/Hal._depan.pdf http://eprints.umk.ac.id/4149/3/Artikel.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4149/ |
Daftar Isi:
- Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memiliki laju perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan masyarakat, sehingga peningkatan kualitas pendidikan menjadin tak terelakan. Salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu melalui perubahan kurikulum, pada sekolah dasar dalam kurikulum 2006 (KTSP) pembelajaran di kelas rendah dilaksanakan melalui pendekatan tematik. Namun, perubahan kurikulum 2013 pelaksanaan pembelajaran pada sekolah dasar dilaksanakan melalui pendekatan tematik integratif yang tidak terbatas pada kelas rendah agar siswa tidak kehilangan pengalaman pembelajaran yang alamiah dan langsung (direct experiences). Pembelajaran dengan pendekatan tematik akan semakin bermakna dan mencapai tujuan dengan efektif jika dilaksanakan melalui lesson study.Leson study merupakan suatu model pembinaan profesi tenaga pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community