Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Pada Siswa Kelas Iv Sd 4 Rendeng Kecamatan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: NURMA K, ALFIA
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/4114/1/HAL_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4114/2/BAB_I.pdf
http:eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4114/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar PKn siswa yang rendah, di karenakan siswa cenderung pasif, kurang termotivasi untuk belajar PKn. Proses pembelajaran masih banyak berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah 1) Menemukan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV melalui penerapan Numbered Heads Together (NHT) pada materi Globalisasi 2) Menemukan peningkatan aktivitas siswa kelas IV melalui penerapan Numbered Heads Together (NHT) pada materi Globalisasi 3) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam pelaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) materi globalisasi pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD 4 Rendeng Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD 4 Rendeng Kota Kudus. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 43,75% dengan rata-rata 67,1 meningkat pada siklus I menjadi 62,50% dengan rata-rata 69,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan rata-rata 76,56. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 2,18 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 2,9 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 2,45 dengan kategori cukup baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,15 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) maupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.