Improving Pronunciation Ability Of The Fifth Grade Students Of Sd Metaraman Pati In Academic Year 2013/2014 By Singing Children Songs
Main Author: | SETIYORINI, DWI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/4072/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/4072/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4072/ |
Daftar Isi:
- Pronunciation pentingdalambahasainggrisuntukberkomunikasidengan orang lain. karenajikasalahmelafalkansebuah kata, makahaliniakanmenyebabkankesalahpahaman. Dan sayangnya, beberapasiswaberfikirbahwapronunciation tidakpentingkarenaparasiswamenyimpulkanbahwadenganvocabulary sudahcukupuntukmenyelesaikanujiannasionalbahasainggris. Tujuandaripenelitianiniadalah : (1) untukmengetahuijikachildren song dapatmembantumeningkatkankemampuanpronunciation siswakelas 5 SD MetaramanPatitahunajaran 2013/2014. (2) untukmendeskripsikanrespomsiswamenggunakan PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK). Di PTL terdiridari 4 tahapanyaitu: rencana, pelaksanaan, observasidanrefleksi di setiapsiklusnya. Subjekdaripenelitianiniadalahsiswasiswikelas 5 SD MetaramanPatitahunajaran 2013/2014.Jumlahsiswa yang ikut di proses penelitian in terdiridari 16 siswa; 8 laki-lakidan 8 perempuan. Setelahmelakukan 2 siklus, penulismenemukanbahwakemapuannpronunciationparasiswameningkatdisetiapsiklusnya.Nilai rata-rata meningkatdari 8 di siklus 1 dan 8,5 di siklus 2. Kemudian, tidakadasatupunsiswa yang mendapatakannilai “Need Improvement” di siklus 1 dansiklus 2.Siswa yang mendapatkannilai “Sufficient” mengalamipenurunandari 6,25% di siklus 1 menjadi 0% di siklus 2. Kemudian, terdapat 50% siswamendapatkannilai “Good” di silkus 1 dansiklus 2.Sebaliknya, siswa yang mendapatkannilai “Excellent” mengalamipeningkatandari 43,75% di siklus 1 menjadi 50% di siklus 2. Selainitu, hasildariquestionnaire menunjukkanbahwasemuasiswamerasasenangketikabelajarpronunciation menggunakanchildren song. Sehingga, daripenelitianini, penulismenyimpulkanbahwachilsren song mampumembantumeningkatkankemampuanpronunciation siswakelas 5 SD MetaramanPatitahunajaran 2013/2014.Kemudianitu, guru bahasainggrisdapatmenerapkanchildren song sebagai media denganlagu yang lebihkreatif, inovatifdandlebihmenarikuntukmateri lain tidakhanyapengajaranpronunciation tetapijugadapatdigunakansebagai media untukpengajaranvocabulary danlainnya. Denganmenggunakanchildren song, parasiswadisarankanuntuklebihaktif, santaidantertarikdalam proses pembelajaran.