PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS
Daftar Isi:
- Latarbelakangmasalahdalampenelitianiniadalahrendahnyamotivasidanhasilbelajar IPS siswakelas V SDN 1 Karangbener Kudus, diketahuibahwapadasaatpembelajaranIPS aktivitasbelajarmengajarmasihdidominasi guru (teacher centered), guru hanyamenggunakanmetodeceramahdalammenyampaikanmateripelajaran. Tujuanpenelitianiniadalah 1) UntukmeningkatkanmotivasibelajarIPS siswakelas V SDN 1 KarangbenerKecamatanBaeKabupaten Kudus denganmenerapkan model pembelajarannumbered head togetherberbantuan media gambar.2) Untukmeningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas V SDN 1 KarangbenerKecamatanBaeKabupaten Kudus denganmenerapkan model pembelajarannumbered head togetherberbantuan media. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjekpenelitiansiswakelas V SDN 1 Karangbener Kudus denganjumlah 14 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, dengandua kali pertemuansetiapsiklusnya.Teknikpengumpulan data yang digunakanberupawawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumen yang digunakanberupapedomanwawancara, pedomanobservasi, dantes.Teknikanalisis data dalampenelitianiniyaituteknikanalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitiantindakankelasmenggunakan modelpembelajarannumbered head together berbantuan media gambarpadapembelajaran IPS kelas V menunjukkanpeningkatanmotivasibelajarsiswa, hasilbelajarkognitif, afektif, psikomotorikdanketerampilan guru setiapsiklusnya.Motivasibelajarsiklus I memperolehskor rata-rata 23,1 denganpersentase 72,15 dengankriteriabaik, danpadasiklus II meningkatdenganmemperoleh rata-rata 27,6 denganpersentase 86,2% kriteriasangatbaik. Ketuntasanhasilbelajarkognitifsiswaprasiklussebesar 28,57% dengan rata-rata 70,43, meningkatpadasiklus I menjadi64,3% dengan rata-rata 75,7, danpadasiklus II meningkatmenjadi85,7% dengan rata-rata 83,2. Hasilbelajarsiswaranahafektifsiklus I memperolehskor rata-rata 66,7%dengankriteriacukupbaik, meningkatpadasiklus II menjadi83,9% dengankriteriabaik. Hasilbelajarsiswaranahpsikomotoriksiklus I memperolehskor rata-rata 64,4%dengankriteriacukupbaik, meningkatpadasiklus II menjadi82,3% dengankriteriabaik. Keterampilan guru padasiklus I memperolehskorrata-rata 77,1% dengankriteriabaik, meningkatpadasiklus II menjadi 88,5%dengankriteriasangatbaik. Simpulanpadapenelitianiniadalahsetelahmenerapkan modelpembelajarannumbered head togetherberbantuan media gambarmotivasidanhasilbelajarsiswaranahkognitif, afektif, psikomotoriksertaketerampilangurumengalamipeningkatan. Saran dalampenelitianhendaknyasiswamengikutikegiatanpembelajarandenganbaikdanaktifdalampembelajaran.Sedangkan saran bagi guru adalahguru hendaknya menggunakan model pembelajaran numbered head together sebagai salah satu alternatif solusi dalammengatasipermasalahan-permasalahanpembelajaran IPS.