PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD N DADIREJO 01 MARGOREJO PATI
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran guru belum melibatkan hal-hal yang bersifat menyelidiki suatu persoalan dalam kegiatan pembelajaran. Guru memberikan materi dengan model pembelajaran langsung. Pembelajaran yang dilakukan membuat siswa tidak aktif dan kurang bersemangat dalam belajar. Hal tersebut yang menyebabkan hasil belajar matematika rendah. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan model Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat bangun datar pada siswa kelas V SD N 1 Dadirejo Margorejo Pati tahun ajaran 2013/2014. Model pembelajaran Group Investigation merupakan pembelajaran menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi ataupun dalam keterampilan proses kelompok. Model ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Hasil belajar matematika adalah hasil proses belajar matematika yang mengubah perilaku antara stimulus dan respon yang diberikan melalui pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dadirejo 01 berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Group Investigation dan variabel terikat hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil tes evaluasi, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas keterampilan guru. Hasil penelitian yakni (1) peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 73,89 meningkat menjadi 78,89 serta ketuntasan belajar siswa meningkat dari 72,22% dengan kriteria tinggi menjadi 88,89% dengan kriteria sangat tinggi, (2)peningkatan kriteria aktivitas belajar siswa pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari rata-rata persentase klasikal 73,89% dengan kriteria tinggi menjadi 87,64% dengan kriteria sangat tinggi, (3) Selain peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, kriteria keterampilan guru pada siklus I ke siklus II juga meningkat yaitu dari rata-rata persentase klasikal 62,5% dengan kriteria tinggi menjadi 79,17% dengan kriteria sangat tinggi.Dari seluruh hasil penelitian yang diperoleh telah menunjukkan bahwa hasil penelitian telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Group Investigationdapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat bangun datar pada Kelas V SD N 1 Dadirejo Margorejo Pati. Untuk itu disarankan dalam penerapan model pembelajaran Group Investigation, guru harus menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk melakukan penyelidikan. Siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi.