PEMBELAJARAN TEMATIK BERWAWASAN MULTIPLEINTELLEGENCE DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | sumaji, -, Fakhriyah, Fina, Roysa, Mila |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/3641/1/Full_laporan.pdf http://eprints.umk.ac.id/3641/2/ABSTRAC.pdf http://eprints.umk.ac.id/3641/ |
Daftar Isi:
- Dari hasil observasi awal, peneliti memperoleh gambaran bahwa siswa di SD IT Al Islam memiliki kecerdasan yang bermacam-macam. Hal ini bisa menjadi dasar peneliti untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang yang dapat mengakomodir gaya belajar dan kecerdasan dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui implementasi pembelajaran tematik berwawasan multiple intelligence siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Al Islam Kudus, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran tematik berwawasan multiple intellegence siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Al Islam Kudus, (3) mengetahui karakter siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Al Islam Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan randomized pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I semester gasal SD Islam Terpadu Al Islam dengan alamat Jalan Veteran no. 8 Tahun Ajaran 2013/2014 pada bulan September sampai Oktober 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 1 yang berjumlah 5 kelas dan sampelnya 2 kelas. Metode pengumpulan data dengan tes, angket dan wawancara. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji kesamaan dua varian,dan uji keseimbangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pembelajaran tematik berwawasan multiple intellegence terhadap hasil belajar dan karakter siswa. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol.