PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN 4 DERSALAM KUDUS
Main Author: | KURNIAWATI, ERI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/3542/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/3542/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/3542/ |
Daftar Isi:
- PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelasIV SDN 4 DersalamKudus, yangdisebabkanguru masihmenggunakanmodel pembelajaranlangsungdanpembelajaranhanyaberpusatpada guru sehinggakeaktifansiswamasihkurang. TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas IV danketerampilan gurudalammengelolapembelajaran. Think Pair Sharemerupakanpembelajarankooperatif yang menghendakisiswabekerjasalingmembantudalamkelompokkecildanmenghargaiadanyakerjasama.Hipotesispenelitianinidenganmenggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)berbasiskarakterbangsadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnsiswakelas IV SDN 4 Dersalam yang didukungolehranahafektif, kognitifdanpsikomotorik. PenelitianTindakanKelasdilaksanakanpadasiswakelasIV SDN 4 Dersalamtahunpelajaran 2013/2014yangberjumlah 19 orang, terdiridari 13siswalaki-lakidan6siswaperempuan. Penelitiandilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulandata yang digunakanadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituhasilbelajarsiswaranah kognitifsiklus I memperolehpersentasesebesar57,89%danmeningkat disiklus II menjadi78,94%. Hasil belajar ranah afektif pada sikus I memperoleh persentasesebesar64,05%danmeningkat pada siklus II menjadi 66,38%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentasesebesar63,70%danmeningkat pada siklus II menjadi 68,80%. Keterampilan guru padasiklus I memperolehpersentasesebesar68,78% dengankriteriabaik (B)danmeningkat di siklus II menjadi90,62%dengan kriteriasangatbaik (SB). Simpulanpenelitianiniyaitupenerapan model pembelajaranThink Pair SharedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnkelas IV SDN 4 Dersalam. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamemperhatikanpenjelasan yang disampaikanoleh guru dengansungguh-sungguhterkaitlangkah-langkahpembelajaranThink Pair Share, guru hendaknyadalampembelajaranmemahamilangkah-langkahThink Pair Share, hasilpenelitiandapatmenjaditolakukurbagisekolah, kepalasekolahhendaknyamemfasilitasiguru agar dapatmenerapkan model pembelajaranThink Pair Sharedenganmaksimal.