PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS TRAPESIUM DENGAN PENDEKATAN LUAS PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERKONTEKS RUMAH ADAT KUDUS
Main Authors: | Bintoro, Henry Suryo, Zuliana, Eka |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image application/pdf |
Terbitan: |
UNS Surakarta
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/3505/1/COVER%2DPROSIDINGvol1.jpg http://eprints.umk.ac.id/3505/2/DAFTAR%2DISI%2DPROSIDING%2DMATEMATIKA%2DNOP%2D2013%2DVOL%2D1.pdf http://eprints.umk.ac.id/3505/3/Artikel.pdf http://eprints.umk.ac.id/3505/ |
Daftar Isi:
- Inovasi pembelajaran matematika di SD diperlukan di tengah maraknya pola pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang memanfaatkan potensi lokal daerah sebagai sumber belajar khususnya di kabupaten Kudus. Siswa kelas V SD di Kabupaten Kudus mengalami kesulitan dalam memahami konsep luas daerah trapesium. Berdasarkan masalah tersebut peneliti merancang sebuah desain pembelajaran menggunakan model pembelajaran matematika realistik berkonteks rumah adat Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendapatkan desain pembelajaran matematika realistik berkonteks rumah adat Kudus, (2) menggunakan desain pembelajaran tersebut untuk membantu siswa mengkonstruksi pemahaman tentang luas daerah trapesium dengan pendekatan luas persegi panjang, dan (3) melihat dampak penggunaan desain pembelajaran tersebut terhadap proses konstruksi pengetahuan matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah designresearch, dengan tahapan (1) persiapan uji coba desain, (2) uji coba desain, dan (3) analisis retrospektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modelpembelajaran matematika realistikberkonteks rumah adat Kudusdapatmerangsang danmeningkatkankemampuan siswauntuk memahamikonsepluas daerahtrapesium dengan pendekatan luas persegi panjang.