DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL KUDUS (suatu Design Research dalam pembelajaran matematika SD di kabupaten Kudus) Tahun ke satu dari rencana satu tahun
Main Authors: | Zuliana, Eka, Bintoro, Henry Suryo |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/3503/1/LAPORAN_PDP.pdf http://jurnal.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/3503/ |
Daftar Isi:
- Inovasi dalam pembelajaran matematika SD diperlukan di tengah maraknya pola pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang memanfaatkan potensi keunggulan lokal sebagai sumber belajar khususnya di kabupaten Kudus. Hal ini mendasari peneliti mendesain pembelajaran menggunakan model pendidikan matematika realistik (PMR) berbasis keunggulan lokal Kudus. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah menghasilkan prototipe desain PMR berbasis keunggulan lokal Kudus, dan melihat keefektifan penerapannya dalam pembelajaran matematika di SD kabupaten Kudus. Sedangkan tujuan jangka panjang dari penelitian ini hasil rancangan desain model PMR berbasis keunggulan lokal Kudus dapat digunakan sebagai pengayaan bahan ajar dan dapat dijadikan landasan dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research yang setiap siklusnya terdiri atas tahapan preparation for the experiment (persiapan penelitian), design experiment (pelaksanaan desain eksperimen) dan retrospective analysis (analisis data yang diperoleh dari tahap sebelumnya). Penelitian dilakukan di 5 SD Kabupaten Kudus yaitu SD 1 Panjang, SD 1 Gondangmanis, SD 1 Prambatan Kidul, SD 1 Kaliputu dan SD 1 Purworejo. Langkah yang dilakukan pada tahap preparation for the experiment (persiapan penelitian) adalah telaah literature, diskusi dengan guru, mendesain model pembelajaran matematika realistik berbasis keunggulan lokal Kudus dan telaah desain awal. Sedangkan pada tahap design experiment (pelaksanaan desain eksperimen) dilakukan pengumpulan data dan uji coba di 5 SD Kabupaten Kudus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model PMR berbasis keunggulan lokal Kudus dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa serta menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya lokal Kudus. Pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar, respon siswa dan guru juga baik.