THE CORRELATION BETWEEN THE MASTERY OF PRESENT TENSE AND THE ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N WELAHAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014
Daftar Isi:
- PembelajaranbahasaInggrismempunyaiempatkemampuan, yaitumendengarkan, berbicara, membaca, danmenulis.MenulisadalahsalahsatuaspekdalampembelajaranbahasaInggris, danitusangatpentinguntukmurid.Dan untukmengembangkankemampuanmenulis, siswaharusmempunyaipenguasaantatabahasadalambahasaInggris.Tata bahasadalambahasainggrismempunyaikomponen yang terlihatsulitdipelajariolehsiswa.Tenseadalahsalahsatutatabahasadalambahasainggris yang harusmerekakuasai.Tenseitulebihumum.Itusemuadapat di temukandalamsemuajenis text, Terlebihdalamteksdeskriptif.Dalampenulisanteksdeskriptif, penulisakanlebihbanyakmengunakantenseuntukmenggambarkanbenda yang digambarkansehinggapembacadapatmemahamibenda yang digambarkansecarajelas. Penelitianiniuntukmengetahuihubunganantarapenguasaan present tense dankemampuanmenulisteksdeskriptifolehsiswakelas VIII SMP N2 Welahantahunajaran 2013/2014.Penelitianinimampuuntukmenemukanhubunganantarapenguasaan present tense dankemampuanmenulisteksdeskriptif. Penulismelaksanakanpenelitianhubungandenganjenispenelitiankuantitatif.Dalampenelitianinipenulismengambilsampelsebanyak 40 siswadengancarapengambialansampelmenggunakankelas yang di acak. Tesdigunakandalaminstrumenpenelitian.Ada duajenistes yang digunakanuntukpengambilan data yaitu; test pilihangandauntukmengetahuipenguasaanpresent tensesiswakelas VIII dantestertulisuntukmengetahikemampuansiswadalammenulisteksdeskriptif. Penulismenyajikananalisis data danmengujihipotesis.Nilai rata-rata penguasaanpresent tense 50,2, danstandartdeviasi 7,7. Dari rata-rata tersebut, dapat di kategorikancukup.Kemudian, nilai rata-rata kemampuanmenulisteksdescriptifadalah 50, danstandartdeviasi 9,5. Dari rata-rata nilaitersebut, dapatdikategorikancukup.Dari data itu, 0,486 di dapatuntukkoefisenrxy.Karenakoefisienrxytidaksamadengan 0, nulhipotesis (H0) di tolakdan alternative hipotesis (Ha) diterima.Jadi, penguasaan present tense mempunyaihubungandengankemampuanmenulissiswa SMP N2 WelahanJeparatahunajaran 2013/2014. Dari kenyataandiatas, penulismemberi saran kepada guru untukmengontroldalammeningkatkanpenguasaansiswadalamtatabahasauntukmeyakinkanbahwamuridmenguasaitatabahasa yang telahditargetkan.Jadi, penulisanpengajarantatabahasadalambahasaInggristidakdigunakanuntukmenganalisitatabahasaitusendiri, tetapidigunakanuntukmemproduksiteks.Dan siswajugadisarankanuntukselaluberlatihuntukmenggunakan kata yang tepatdanmenggunakantense yang tepatuntukmengahasilkanarti yang diinginkan.Merekajugabutuhberlatihdalammenulis text setiapwaktudanharusterbiasadengankosa kata yang baruuntukmampumembuatparagrafdeskriptif yang benardanmenggunakantatabahasadalambahasaInggris yang sesuaidenganpenulisanmereka.