ctrlnum 3310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV &#xD; SEMESTER 2 SD 4 PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>HARNAWAN, IVAN </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus yang rendah. Guru lebih banyak menjadi sumber belajar dan siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini menyebabkan perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 2. Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi masalah sosial menggunakan model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 3. Bagaimana hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah 1. Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014; 2. Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014; 3. Menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.&#xD; Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dan prinsip pembelajaran demokrasi. Ciri-ciri pembelajaran Group Investigation adalah adanya kegiatan penyelidikan, interaksi, penafsiran, dan motivasi diri. Materi dalam penelitian ini adalah masalah sosial, yaitu tindak kriminal, kemiskinan, dan lingkungan hidup.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Group Investigation. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS materi masalah sosial siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa materi masalah sosial dengan persentase ketuntasan pra siklus 44,82% (kurang). Pada siklus I 72,41% (baik) dan pada siklus II menjadi 86,20% (Sangat Baik). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 70,3% (tinggi) dan meningkat pada siklus II 78,53% (tinggi). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Group Investigation juga mengalami peningkatan dari persentase 71,24% (tinggi) pada siklus I dan 82,91% (sangat tinggi) pada siklus II.&#xD; Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus. Saran bagi guru sebaiknya mencoba menerapkan model Group Investigation dan mengutamakan peran aktif siswa, bagi siswa harus lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lain dapat melakukan kajian yang lebih mendalam tentang penggunaan model Group Investigation untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.&#xD; &#xD; &#xD; </description><date>2014</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/1/HAL_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/9/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3310/11/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>HARNAWAN, IVAN (2014) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 4 PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/3310/</relation><recordID>3310</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HARNAWAN, IVAN
title PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 4 PIJI DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014
publishDate 2014
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/3310/1/HAL_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/5/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/8/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/9/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3310/11/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/3310/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus yang rendah. Guru lebih banyak menjadi sumber belajar dan siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini menyebabkan perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 2. Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi masalah sosial menggunakan model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 3. Bagaimana hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah 1. Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014; 2. Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014; 3. Menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV Semester 2 SD 4 Piji Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dan prinsip pembelajaran demokrasi. Ciri-ciri pembelajaran Group Investigation adalah adanya kegiatan penyelidikan, interaksi, penafsiran, dan motivasi diri. Materi dalam penelitian ini adalah masalah sosial, yaitu tindak kriminal, kemiskinan, dan lingkungan hidup. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Group Investigation. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS materi masalah sosial siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa materi masalah sosial dengan persentase ketuntasan pra siklus 44,82% (kurang). Pada siklus I 72,41% (baik) dan pada siklus II menjadi 86,20% (Sangat Baik). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 70,3% (tinggi) dan meningkat pada siklus II 78,53% (tinggi). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Group Investigation juga mengalami peningkatan dari persentase 71,24% (tinggi) pada siklus I dan 82,91% (sangat tinggi) pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV SD 4 Piji Dawe Kudus. Saran bagi guru sebaiknya mencoba menerapkan model Group Investigation dan mengutamakan peran aktif siswa, bagi siswa harus lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lain dapat melakukan kajian yang lebih mendalam tentang penggunaan model Group Investigation untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.
id IOS3090.3310
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:11:18Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:19Z
recordtype dc
_version_ 1765996248959025152
score 16.845257