PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMODEL MAKE A MATCH PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI SD 4 DERSALAM KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnyahasilbelajar siswa padamatapelajaranmatematikakelas IV SD4DersalamBaeKudus. Ini disebabkanguru masih menggunakan model pembelajaran langsungdan belum pernah mengajak siswa belajar mencari pasangan bersama teman-temannya dengan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban.Tujuandaripenelitianiniyaitudengan menggunakan model Make a Matchdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan gurudalammengelola pembelajaran, dan hasilbelajarsiswa kelas IV padamateribilanganbulat. Make a Matchmerupakan merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara berkelompok dengan cara berpasang-pasangan dengan temannya sendiridan masing-masing siswa mendapatkan satu buah kartu yang berisi kartu soal ataupun kartu jawaban. Hipotesis penelitian ini yaitudenganditerapkannya model pembelajaranMake a MatchterjadipeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamateribilanganbulatpadasiswakelasIV SD 4 Dersalam. PenelitianTindakanKelasinidilaksanakanpadasiswakelasIV SD 4 Dersalamtahunpelajaran 2013/2014 yangberjumlah 19 orang, terdiridari 13siswalaki-lakidan6siswaperempuan. Variabelpenelitianadalah model Make a Matchdanhasilbelajarmatematikasiswapadamateribilanganbulat. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtes, observasi, wawancara,dandokumentasi. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituaktivitasbelajarsiswasiklus I memperolehskor rata-rata 65,1 (baik) danmeningkat di siklus II menjadi 73 (sangatbaik). Keterampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I memperolehskor rata-rata 46 danmeningkat di siklus II menjadi 58,5 (sangatbaik). Hasilbelajarsiswapadamateribilanganbulatsiklus I denganjumlahsiswatuntassebanyak 13 (68%)meningkat di siklus IImenjadi 17 siswa (89,5%) dari 19 siswa(sangattinggi). Kesimpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model Make a Matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamateribilanganbulatkelas IV SD 4 Dersalam. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamengikutipembelajarandenganbaikdanlebihaktif, agar hasilbelajarmeningkat, guru hendaknyamenerapkan model Make a Matchpadapembelajaranmatematikaataupun model pembelajaran lain yang lebihkreatif, sekolahdapatmemotivasi guru untukmelakukanperbaikanpendidikandanpengajaran, peneliti lain dapatmeningkatkanpelaksanaanpembelajarandenganlebihmaksimal.