ctrlnum 3211
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD 5 Puyoh Tahun Pelajaran 2013/2014</title><creator>Rohmah, Sa'idatur</creator><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 5 Puyoh karena dalam pembelajaran matematika guru masih menjadi pusat belajar, sedangkan siswa hanya sebagai pendengar. Siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru untuk membuat siswa menjadi aktif, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran secara berkelompok. Tetapi kenyataannya siswa yang aktif dalam diskusi kelompok hanya siswa yang pintar saja, karena jumlah siswa dalam setiap kelompok 4-5 orang. Tindak lanjut untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diharapkan siswa akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta dapat melatih kemampuan berpikir, berdiskusi dan kemampuan dalam mengemukakan hasil diskusi bagi siswa.&#xD; Peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 5 Puyoh pada materi jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share&#x201D;. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, tes, dokumentasi dengan menggunakan pedoman observasi, soal tes, serta dokumentasi foto. Data-data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian ini mencapai semua indikator keberhasilan. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 35% dengan rata-rata 58 meningkat pada siklus I menjadi 65% dengan rata-rata 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan rata-rata 80. Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I mendapat skor rata-rata 2.72 dengan kualifikasi &#x201C;baik&#x201D; meningkat pada siklus II menjadi 3.18 dengan kualifikasi &#x201C;baik&#x201D;. Kinerja guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 3.25 dengan kualifikasi &#x201C;baik&#x201D; meningkat pada siklus II menjadi 3.4 dengan kualifikasi &#x201C;sangat baik&#x201D;. &#xD; Simpulan pada penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar, serta kinerja guru. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada agar guru lebih memperhatikan alokasi waktu, meningkatkan keterampilan dalam bertanya, serta memberikan motivasi kepada siswa agar lebih berani mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas. Kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berani dalam mengemukakan pendapat. Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran matematika, dan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bagi peneliti yang akan datang dapat lebih memahami dan mengembangkan model pembelajaran Think Pair Share, sehingga dapat meminimalkan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.&#xD; &#xD; </description><date>2014-07-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/1/COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/3211/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier>Rohmah, Sa'idatur (2014) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD 5 Puyoh Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/3211/</relation><recordID>3211</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rohmah, Sa'idatur
title Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD 5 Puyoh Tahun Pelajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/3211/1/COVER.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/2/BAB_1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/3211/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 5 Puyoh karena dalam pembelajaran matematika guru masih menjadi pusat belajar, sedangkan siswa hanya sebagai pendengar. Siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru untuk membuat siswa menjadi aktif, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran secara berkelompok. Tetapi kenyataannya siswa yang aktif dalam diskusi kelompok hanya siswa yang pintar saja, karena jumlah siswa dalam setiap kelompok 4-5 orang. Tindak lanjut untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diharapkan siswa akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta dapat melatih kemampuan berpikir, berdiskusi dan kemampuan dalam mengemukakan hasil diskusi bagi siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 5 Puyoh pada materi jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, tes, dokumentasi dengan menggunakan pedoman observasi, soal tes, serta dokumentasi foto. Data-data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini mencapai semua indikator keberhasilan. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 35% dengan rata-rata 58 meningkat pada siklus I menjadi 65% dengan rata-rata 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan rata-rata 80. Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I mendapat skor rata-rata 2.72 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3.18 dengan kualifikasi “baik”. Kinerja guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 3.25 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3.4 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar, serta kinerja guru. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada agar guru lebih memperhatikan alokasi waktu, meningkatkan keterampilan dalam bertanya, serta memberikan motivasi kepada siswa agar lebih berani mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas. Kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berani dalam mengemukakan pendapat. Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran matematika, dan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bagi peneliti yang akan datang dapat lebih memahami dan mengembangkan model pembelajaran Think Pair Share, sehingga dapat meminimalkan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
id IOS3090.3211
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:11:14Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:16Z
recordtype dc
_version_ 1765996248108630016
score 16.845257