Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnya hasilbelajar IPS siswakelasV di SD 3 MenawanKudus.Halinidisebabkan olehrendahnya aktivitas belajar siswa, dan kegiatan pembelajaran yang berpusatpada guru.Oleh sebab itu, penerapan modelTeams Games Tournamentdiharapkandapatmeningkatkan aktivitas danhasilbelajar IPS siswa. Adapun tujuandilaksanakanpenelitianiniyakni (1)mendeskripsikan peningkatanaktivitasbelajar IPS siswakelas V SD 3 Menawan, (2)menjelaskanpeningkatanhasilbelajar IPS siswakelas V SD 3 Menawan, dan (3)mendeskripsikanketerampilan guru dalammengelola pembelajaranpadasiswakelas V SD 3 Menawan. Penelitianini merupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) yang menerapkan dua siklus dengan model Teams Games Tournaments. Adapun desain PTK ini menggunakan desain Stephen Kemmisdan Robin Mc Taggart denganlangkah yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Mengenai metodepengumpulan data menggunakanobservasi, tes, dandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan meliputi teknik kualitatifdankuantitatif Hasilpenelitianpada siklus I menunjukan keterampilan guru mencapaipersentaseketuntasan 73,53% dengankriteria “baik” danmengalamipeningkatansiklus II menjadi88,24% dengankriteria “sangatbaik”. Hasilbelajar IPS siswaranahkognitifpadasiklus I 73,68% danpadasiklus II meningkatmenjadi97,74%. Hasilbelajar IPS ranahafektifsiswasiklus I mencapaipersentase63,62% dengankriteria “cukup” dansiklus II meningkatmenjadi81,97% dengankriteria “baik”. Hasilbelajar IPS ranahpsikomotoriksiswasiklus I 72,22% dengankriteria “baik” dansiklus II meningkatmenjadi79,77% dengankriteria “baik”. Simpulandalampenelitianiniyaknipenerapan model Teams Games Tournamentdapatmeningkatkan aktivitas, hasilbelajar IPS siswabaikdariranahkognitif, afektifmaupunpsikomotorik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD 3 Menawan Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswahendaknyaaktifdalampembelajarandankerjasamadiantarasiswadalamkelompokperlu ditingkatkan. Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatif yang sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmerangsangsiswaaktif dalam pembelajaran.