Daftar Isi:
  • Menulis adalah salah satu dari ke empat kemampuan dasar yang sangat penting untuk dipelajari. Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai dalam pelajaran Bahasa Inggris kelas VII yaitu siswa mampu membuat teks deskriptif. Teks descriptiptif merupakan salah satu teks yang cukup sulit untuk dipelajari. Namun, siswa kelas VII A SMP N 1 Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014 masih bingung untuk memulai menulis sebuah paragraf. Hal ini di tunjukkan dari nilai rata-rata siswa di pre-cycle yaitu 65,94 dan hanya ada 11 siswa yang melampaui KKM (74). Disini, penulis menggunakan teknik clustering untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui jika teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas VII SMP N 1 Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014. (2) mendiskripsikan respon siswa terhadap teknik clustering yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulisnya. Penelitian ini merupakan Kolaborasi Penelitian Tindakan Kelas. Dalam Penelitian Tindakan Kelas, satu siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan 3 jenis instrumen; lembar observasi, tes dan angket. Setelah melakukan 2 siklus, penulis menemukan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis dan responya dari tiap siklus. Di siklus 1, nilai rata-rata siswa adalah 74,22. Di siklus 2, nilai rata-rata siswa adalah 79,38. Di siklus 1, ada 22 siswa yang melampaui KKM dan di siklus 2 semua siswa sudah melampaui KKM. Selain itu, dari lembar observasi dan angket menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dari tiap siklus. Di siklus 1, respon siswa sudah cukup baik, namun beberapa dari mereka masih bingung. Di siklus 2, respon siswa lebih baik dari siklus 1, mereka lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Jadi, dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas VII SMP N 1 Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014.